HUBUNGAN MODAL SOSIAL DENGAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI DESA SANREGO, KECAMATAN KAHU, KABUPATEN BONE, PROVINSI SULAWESI SELATAN = RELATIONSHIP OF SOCIAL CAPITAL WITH RICE FARMERS IN SANREGO VILLAGE, DISTRICT OF KAHU, BONE , SOUTH SULAWESI


Sumarni, Sumarni (2021) HUBUNGAN MODAL SOSIAL DENGAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI DESA SANREGO, KECAMATAN KAHU, KABUPATEN BONE, PROVINSI SULAWESI SELATAN = RELATIONSHIP OF SOCIAL CAPITAL WITH RICE FARMERS IN SANREGO VILLAGE, DISTRICT OF KAHU, BONE , SOUTH SULAWESI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of COVER]
Preview
Image (COVER)
G21116009_skripsi_cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116009_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (957kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116009_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116009_skripsi_dp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Modal sosial merupakan bentuk jaringan kerja sosial dan ekonomi di masyarakat yang terjadi antar individu dan kelompok yang bermanfaat dan menguntungkan. Modal sosial merupakan hal penting yang sangat berpengaruh pada tingkat produktivitas penjualan produk pertanian pasca produksi, kolektivitas dalam perdagangan hasil-hasil pertanian sangat penting sebagai faktor yang turut mempengaruhi harga pasar dan pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis unsur-unsur dan peran modal sosial dalam interaksi petani dengan berbagai pihak, menganalisis tingkat pendapatan petani padi dan menganalisis hubungan modal sosial dengan pendapatan petani padi sawah di Desa Sanrego, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone. Dimana jumlah responden yang dipilih sebanyak 60 orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan untuk mengukur hubungan variabel X (X1 saling percaya, X2 jaringan sosial, X3 resiprositas, X4 sharing information, X5 coordinating activities dan X6 making collective decision) dengan variabel Y yaitu pendapatan digunakan analisis Chi-Square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan atau positif antara modal sosial dengan pendapatan petani padi sawah dikarenakan antara variabel X dan Y yaitu X2 hitung (12.472) lebih besar dari X2 tabel (9.488).
Keywords : Modal Sosial, Pendapatan, Usahatani Padi Sawah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:53
Last Modified: 28 Jun 2022 01:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17190

Actions (login required)

View Item
View Item