STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGGILINGAN PADI PADA PT. SETIA ABADI KABUPATEN WAJO PROVINSI SULAWESI SELATAN = RICE MILLING BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY IN PT. SETIA ABADI, WAJO DISTRICT, SOUTH SULAWESI PROVINCE


Sarwan, Andi Muh (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGGILINGAN PADI PADA PT. SETIA ABADI KABUPATEN WAJO PROVINSI SULAWESI SELATAN = RICE MILLING BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY IN PT. SETIA ABADI, WAJO DISTRICT, SOUTH SULAWESI PROVINCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21114313_skripsi_cover1.jpg

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21114313_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21114313_skripsi_dp.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21114313_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Strategi Pengembangan Usaha Penggilingan Padi PT. Setia Abadi Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan

Andi Muh. Sarwan
A. Nixia Tenriwaru
Muh. Hatta Jamil

Penggilingan padi adalah tahap kegiatan setelah pengeringan, kegiatan ini bertujuan untuk memisahkan kulit gabah yang akan menghasilkan beras putih dan hasil sampingnya adalah dedak dan menir. Tujuan penelitan ini adalah untuk menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi oleh PT. Setia Abadi di Desa Tammabarang, Kecamatan Penrang, Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Untuk menentukan alternatif strategi pengembangan usaha yang tepat digunakan PT. Setia Abadi di Desa Tammabarang, Kecamatan Penrang, Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Analisis strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Temuan dari penelitian ini adalah Hasil analisis mengenai kondisi lingkungan internal dan kondisi lingkungan eksternal yang dihadapi oleh PT. Setia Abadi di Kabupaten Wajo sebagai pabrik penggilingan beras terlihat bahwa dalam kondisi internal dimana kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan lebih besar jika dibandingkan dengan kelemahan yang dihadapi. Sedangkan dalam kondisi eksternal bahwa peluang yang dimiliki oleh perusahaan lebih besar jika dibandingkan dengan ancaman. Hal ini menunjukkan bahwa dalam analisis Swot berarti perusahaan sudah memiliki kekuatan dan peluang jika dibandingkan dengan kelemahan dan ancaman. Strategi pengembangan usaha penggilingan padi yang tepat untuk dapat digunakan oleh perusahaan adalah strategi pertumbuhan yakni dengan cara intensif atau integrasi. Hal ini dilakukan melalui strategi SO, ST, WO dan WT.
Keywords : Strategi Pengembangan Usaha, Penggilingan Padi, dan SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:47
Last Modified: 28 Jun 2022 01:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17181

Actions (login required)

View Item
View Item