Jenis dan Populasi Mikroba Rhizosfer di Pertanaman Padi dengan Gejala Penyakit Blas (Pyricularia oryzae) dan Tanpa Gejala Penyakit Blas di Desa Maddenra Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan = Types and Populations of Rhizosphere Microbes in Rice Planting with Symptoms of Blast Disease (Pyricularia oryzae) and Without Symptoms of Blast Disease in Maddenra Village, Sidrap Regency, South Sulawesi


Saharuddin, Yusliani (2021) Jenis dan Populasi Mikroba Rhizosfer di Pertanaman Padi dengan Gejala Penyakit Blas (Pyricularia oryzae) dan Tanpa Gejala Penyakit Blas di Desa Maddenra Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan = Types and Populations of Rhizosphere Microbes in Rice Planting with Symptoms of Blast Disease (Pyricularia oryzae) and Without Symptoms of Blast Disease in Maddenra Village, Sidrap Regency, South Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011171321_skripsi_cover1.jpg

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011171321_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011171321_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011171321_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

YUSLIANI SAHARUDDIN (G011 171 321) “Jenis dan Populasi Mikroba Rhizosfer di Pertanaman Padi dengan Gejala Penyakit Blas (Pyricularia oryzae) dan Tanpa Gejala Penyakit Blas di Desa Maddenra Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan ” (di bawah bimbingan MUH JUNAID dan ANDI NASARUDDIN)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan populasi mikroba rhizosper pada pertanaman padi dengan gejala penyakit blas dan tanpa gejala penyakit blas di Desa Maddenra Kabupaten Sidrap. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020- Januari 2021 di Desa Maddenra, Kabupaten Sidrap. Metode yang digunakan meliputi pengambilan sampel, isolasi mikroba rhizosfer, pemurnian mikroba rhizosfer, perhitungan populasi mikroba rhizosfer, karakteristik mikroba rhizosfer. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, perhitungan populasi mikroba antara isolasi tanah rhizosfer padi bergejala blas dan tanpa gejala mendapatkan hasil yang signifikan atau berbeda nyata (*). Bakteri tanah rhizosfer padi bergejala blas menunjukkan hasil yang lebih rendah dibandingkan dengan bakteri tanah rhizosfer tanpa gejala dengan didapatkan 5 isolat murni bakteri, untuk cendawan tanah rhizosfer padi bergejala blas menunjukkan hasil yang sama dimana lebih rendah dibandingkan dengan cendawan tanah rhizosfer tanpa gejala dengan didapatkan 8 isolat murni cendawan. Hal ini menunjukkan bahwa serangan penyakit blas berkaitan dengan jumlah populasi bakteri dan cendawan yang rendah, sedangkan padi tanpa gejala penyakit blas berkaitan dengan jumlah kelimpahan bakteri dan cendawan yang tinggi.
Keywords : Mikroba rhizosfer, Padi, Penyakit blas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu Hama dan Peny. Tumbuhan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2022 00:48
Last Modified: 28 Jun 2022 01:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17157

Actions (login required)

View Item
View Item