FOODBORNE DISEASE AKIBAT BAKTERI CRONOBACTER SAKAZAKII PADA ANAK: SYSTEMATIC REVIEW = Foodborne Disease Due to Cronobacter sakazakii Bacteria in Children: Systematic Review


Jabalnur, Wulan Ramadhani (2022) FOODBORNE DISEASE AKIBAT BAKTERI CRONOBACTER SAKAZAKII PADA ANAK: SYSTEMATIC REVIEW = Foodborne Disease Due to Cronobacter sakazakii Bacteria in Children: Systematic Review. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171506_skripsi_24-05-2022 cover1.png

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171506_skripsi_24-05-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171506_skripsi_24-05-2022 dp.pdf

Download (850kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011171506_skripsi_24-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Foodborne disease terjadi di semua kalangan umur salah satunya pada anak dengan umur di bawah lima tahun. Bakteri Cronobacter sakazakii merupakan salah satu patogen yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan, infeksi akibat bakteri ini banyak terjadi pada anak (bayi) dan bisa menyebabkan kematian.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji artikel terkait kejadian foodborne disease akibat bakteri Cronobacter Sakazakii pada anak.
Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian systematic review dengan menggunakan bagan PRISMA untuk menjabarkan proses dalam mencari jurnal yang sesuai dengan pertanyaan penelitian. Pencarian jurnal dilakukan pada beberapa database dengan menggunakan kata kunci yang telah disusun. Selama proses penelitian digunakan aplikasi covidance dan menggunakan Joanna Briggs Institute (JBI) pada proses penilaian jurnal.
Hasil: Jumlah artikel yang masuk kedalam tahap sintesis setelah melalui proses penyaringan dan penilaian sebanyak 6 artikel. Terdapat enam artikel yang membahas terkait penyakit akibat bakteri C. Sakazakii dan dua artikel yang menjelaskan terkait sumber kontaminasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penyakit yang dapat terjadi pada anak yaitu bacteremia, meningitis, sepsis neonatorum dan necrotizing enterocolitis. Kontaminasi bakteri C. Sakazakii dapat bersumber dari susu formula (PIF), rempah/herbal dan air. Rata-rata populasi dari keseluruhan jurnal adalah neonatus dengan kondisi kelahiran secara prematur, dengan persentasi 83,3% dengan populasi prematur dan 16,7% dengan populasi lahir secara normal. Jumlah populasi yang terinfeksi secara keseluruhan berdasarkan artikel yang didapatkan yaitu 70 (56,9%) populasi dengan jenis kelamin perempuan dan 53 (44,1%) laki-laki, dan terdapat dua artikel tidak merincikan jenis kelamin anak yang menjadi populasi.
Kesimpulan: Bakteri C. Sakazakii dapat menyebabkan penyakit seperti meningitis, bacteremia, sepsis neonatorum dan necrotizing enterocolitis. Kontaminasi bakteri tersebut dapat bersumber dari susu formula (PIF), rempah/herbal dan air, dimana makanan/minuman tersebut menjadi media perantara bakteri C. sakazakii untuk menginfeksi seseorang.
Kata Kunci: Anak, Foodborne disease, Cronobacter Sakazakii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:51
Last Modified: 27 Jun 2022 06:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17107

Actions (login required)

View Item
View Item