Salwah, Salwah (2022) HUBUNGAN PENGALAMAN PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) HAJI MAKASSAR = Relationship between Patient Experience and Satisfaction of Inpatients in RSUD Haji Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K011171012_skripsi_08-06-2022 cover1.png
Download (73kB) | Preview
K011171012_skripsi_08-06-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
K011171012_skripsi_08-06-2022 dp.pdf
Download (2MB)
K011171012_skripsi_08-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu pelayanan Kesehatan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepuasan pasien yaitu dengan menggali pengalaman dari pasien itu sendiri. Survei kepuasan yang dilakukan di RSUD Haji Makassar pada tahun 2018-2020 menunjukkan rata-rata kepuasan pasien rawat sebesar 83,5%. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan pasien belum mencapai standar minimal sebesar ≥90%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengalaman pasien dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Haji Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei analitik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan cross-sectional study. Pengumpulan data dilakukan dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap sebanyak 4.240 orang dengan jumlah sampel 176 pasien. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunak uji chi square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua dimensi pengalaman pasien yaitu komunikasi perawat (p= 0,001), komunikasi dokter (p= 0,001), daya tanggap staf RS (p= 0,001), kenyamanan fisik (p= 0,001), komunikasi tentang obat (p=0,001), koordinasi pelayanan (p= 0,001), dukungan emosional (p= 0,001), dan keterlibatan keluarga dan teman (p= 0,001) mempunyai p-value < 0,05 yang berarti ada hubungan antara pengalaman pasien dengan kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSUD Haji Makassar.
Kesimpulan pada penelitian ini bahwa pengalaman pasien dan dimensinya berhubungan dengan kepuasan pasien. Peneliti menyarankan pengelola rumah sakit untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan keperawatannya serta memperbaiki kebijakan dalam pengembangan dan peningkatan pelayanan kepada pasien agar tercapainya standar minimal kepuasan pasien sebesar ≥90%.
Keywords : Pengalaman pasien, Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 06:14 |
Last Modified: | 16 May 2024 07:42 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17102 |