PENGGUNAAN XENOGRAFT SEBAGAI BAHAN CANGKOK TULANG PADA PERAWATAN PERIODONTAL REGENERATIF: SYSTEMATIC REVIEW = APPLICATION OF XENOGRAFT AS A BONE GRAFT MATERIAL IN REGENERATIVE PERIODONTAL TREATMENT: SYSTEMATIC REVIEW


Wahab, Wahyuni (2022) PENGGUNAAN XENOGRAFT SEBAGAI BAHAN CANGKOK TULANG PADA PERAWATAN PERIODONTAL REGENERATIF: SYSTEMATIC REVIEW = APPLICATION OF XENOGRAFT AS A BONE GRAFT MATERIAL IN REGENERATIVE PERIODONTAL TREATMENT: SYSTEMATIC REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J035181006_tesis_23-05-2022 cover1.png

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J035181006_tesis_23-05-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J035181006_tesis_23-05-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J035181006_tesis_23-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan: Penyakit periodontal merupakan penyakit yang banyak diderita oleh manusia. Apabila tidak tertangani merupakan salah satu alasan terbesar untuk dilakukan ekstraksi gigi. Pada beberapa kasus tertentu dapat diatasi dengan bone graf terutama dengan penggunaan xenograft. Xenograft merupakan bone graft alternatif yang diperoleh dari donor yang berbeda spesies. Tujuan dari systematic review ini adalah menganalisis secara sistematis mengenai penggunaan berbagai bahan xenograft sebagai bahan cangkok tulang maupun dikombinasikan dengan bahan lain untuk perawatan periodontal regeneratif.
Metode: Tiga mesin pencarian online atau database, yaitu Pubmed Online Library, Cochrane Library dan Wiley Library yang digunakan untuk memperoleh sejumlah artikel publikasi sesuai dengan kata kunci yang telah ditetapkan “Bone defect” AND ”Bone graft” AND ”Periodontal defect” AND ”Xenograft” AND “Human”. Artikel publikasi yang diperoleh kemudian dianalisis, diidentifikasi, diseleksi dan diperiksa kelayakan dan dimasukkan dalam penelitian ini berdasarkan aturan dari PRISMA flowchart. Desain penelitian menggunakan Randomized Controlled Trials (RCT).
Hasil: Hasil dariSystematic Review ini diperoleh 166 artikel jurnal publikasi dari tiga mesin pencarian online atau database, selanjutnya diseleksi berdasarkan duplikasi menjadi 154 publikasi, lalu di seleksi berdasarkan judul dan abstrak menjadi 11 publikasi, lalu dilakukan pemeriksaan kelayakan berdasarkan full text menjadi 8 artikel. Kemudian, diperoleh 8 artikel naskah penelitian yang sesuai dengan kriteria inklusi systematic review ini. Adapun studi dari kedelapan artikel akhir memperlihatkan hasil perbandingan dan efektivitas penggunaan xenograft sebagai parameter bahan cangkok tulang dalam perawatan penyakit periodontal regeneratif. Ditandai dengan pemeriksaaan parameter klinis berupa pengurangan PPD dan peningkatan CAL.
Kesimpulan: Xenograft efektif digunakan sebagai bahan cangkok tulang dan juga dikombinasikan dengan bahan lain dalam mempercepat proses regenerasi jaringan periodontal berdasarkan analisa secara sistematis, namun diperlukan pemeriksaan parameter klinis lebih lengkap dengan sampel yang lebih besar dan waktu yang lebih lama untuk penelitian lebih lanjut.
Keywords : Bone defect, Bone graft, Periodontal defect, Xenograft, Human.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Profesi Dokter Gigi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jun 2022 05:55
Last Modified: 27 Jun 2022 05:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17087

Actions (login required)

View Item
View Item