Persepsi Kelompok Tani-Ternak terhadap Program Bantuan Sapi dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Soppeng = Farmers-Livestock Group Perceptions of the Cattle Assistance Program from the Livestock and Animal Health Service Office of South Sulawesi Province in Soppeng Regency


Masse, Anugrah Wijayanti (2022) Persepsi Kelompok Tani-Ternak terhadap Program Bantuan Sapi dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Soppeng = Farmers-Livestock Group Perceptions of the Cattle Assistance Program from the Livestock and Animal Health Service Office of South Sulawesi Province in Soppeng Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011181377_skripsi_07-06-2022 cover1.png

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011181377_skripsi_07-06-2022 1-2.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011181377_skripsi_07-06-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011181377_skripsi_07-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian mengenai persepsi kelompok tani-ternak terhadap bantuan sapi dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Soppeng dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2022. Lokasi ini dipilih dikarenakan di Kabupaten Soppeng merupakan salah satu daerah yang menerima program bantuan sapi dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta berhasil dalam perkembangan populasi sapi potong dan juga di Kabupaten Soppeng memiliki pengembangan usaha peternakan sapi potong yang yang sangat strategis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, yang mendeskripsikan atau menggambarkan persepsi petani/peternak terhadap program bantuan sapi dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Soppeng. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 42 peternak dengan pengambilan sampel secara sengaja. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriftif dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian mengenai persepsi peternak terhadap program bantuan sapi potong yang diberikan oleh pemerintah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi-Selatan di Kabupaten Soppeng didapatkan hasil bahwa persepsi peternak sapi dengan indikator penghasilan peternak, pola pikir, cara beternak, peningkatan populasi, dan kualitas ternak yang diterima peternak berada pada kategori tinggi karena lebih cenderung setuju dengan adanya program bantuan sapi potong.
Keywords : Kelompok Tani-Ternak, Persepsi, Peternak, Program Bantuan Sapi Potong

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Sosek Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jun 2022 05:47
Last Modified: 27 Jun 2022 05:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17070

Actions (login required)

View Item
View Item