EFEKTIVITAS PROGRAM BEDAH KEMISKINAN RAKYAT SEJAHTERA (BEKERJA) TERHADAP RUMAH TANGGA MISKIN (RTM) : Studi Kasus : Rumah Tangga Petani di Desa Awo, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan = THE EFFECTIVENESS OF WORKING PEOPLE'S POVERTY SURGERY PROGRAM (BEKERJA) ON POOR HOUSEHOLDS (RTM) Case Study; Farmer Household in Awo Village, Keera District, Wajo Regency, South Sulawesi Province


Paradita, Ainim (2021) EFEKTIVITAS PROGRAM BEDAH KEMISKINAN RAKYAT SEJAHTERA (BEKERJA) TERHADAP RUMAH TANGGA MISKIN (RTM) : Studi Kasus : Rumah Tangga Petani di Desa Awo, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan = THE EFFECTIVENESS OF WORKING PEOPLE'S POVERTY SURGERY PROGRAM (BEKERJA) ON POOR HOUSEHOLDS (RTM) Case Study; Farmer Household in Awo Village, Keera District, Wajo Regency, South Sulawesi Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116518_skripsi_cover1.jpg

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116518_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116518_skripsi_dp.pdf

Download (875kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116518_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) merupakan salah satu program yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan memberdayakan masyarakat miskin guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan melalui kegiatan pertanian yang trintegrasi.Salah satu jenis bantuan yang disalurkan yaitu bantuan berupa ternak ayam pedaging yang disalurkan di Desa Awo, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapanpelaksanaan program BEKERJA serta mengetahui efektivitas program BEKERJA terhadap Rumah Tangga Miskin (RTM). Informan pada penelitian ini berjumlah 13 orang yang terdiri dari 1 orang informan kunci, 10 orang informan utama, dan 2 orang informan pendukung. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan 4 indikator dalam mengetahui efektivitas program yaitu dengan melihat ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program serta pemantauan program. Hasil analisis menunjukkan bahwa : Hasil analisis menunjukkan : 1) Program BEKERJA di Desa Awo, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo berhasil dalam hal proses pelaksanaan, dan 2) Tingkat efektivitas program BEKERJA kurang efektif hal tersebut dikarenakan indikator yang digunakan dalam pengukuran efektivitas yang tidak memenuhi kriteria efektif.
Kata Kunci : Program BEKERJA, ternak ayam, tahapan pelaksanaan, efektivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:51
Last Modified: 20 Jun 2022 07:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16965

Actions (login required)

View Item
View Item