Analisis Kemitraan Usaha Penggilingan Padi dengan Lembaga Pemasaran (Studi Kasus Usaha Penggilingan Padi UD. Rasul) = The Analysis of Rice Milling Partnership with Marketing Institutions (Case Study of UD. Rasul's Rice Milling)


Tristiantari, Rinta (2021) Analisis Kemitraan Usaha Penggilingan Padi dengan Lembaga Pemasaran (Studi Kasus Usaha Penggilingan Padi UD. Rasul) = The Analysis of Rice Milling Partnership with Marketing Institutions (Case Study of UD. Rasul's Rice Milling). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116504_skripsi_cover1.jpg

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116504_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116504_skripsi_dp.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116504_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

RINTA TRISTIANTARI. Analisis Kemitraan Usaha Penggilingan Padi dengan Lembaga Pemasaran. Pembimbing: LETTY FUDJAJA dan A. AMRULLAH.

Perdagangan beras di Sulawesi Selatan melibatkan tiga lembaga pemasaran utama, yaitu: pedagang pengumpul gabah, penggilingan dan pedagang beras. Kemitraan antar pelaku pasar sebagai upaya meminimalisir masalah-masalah yang sering timbul dalam rantai distribusi komoditas pertanian. Agar usaha kecil dapat berkembang, perlu dijalani kemitraan yang saling membutuhkan, saling melengkapi, saling menguntungkan dan saling memperkuat, meski kedudukan yang belum sejajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemitraan antara penggilingan padi dengan lembaga pemasaran dan efisiensi biaya pada penggilingan padi. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive. Tempat penelitian yang dipilih adalah usaha penggilingan padi UD. Rasul dengan pertimbangan bahwa lokasi penelitian merupakan salah satu penggilingan terbesar di Desa Pallangga. Waktu penelitian antara bulan November 2020-April 2021. Dalam penelitian ini, metode penentuan informan pada penggilingan padi besar UD. Rasul dan pedagang mitra dari UD. Rasul. Metode analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif dan analisis biaya. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Pola kemitraan yang dijalankan UD. Rasul yaitu pola dagang umum dan Efisiensi biaya usaha penggilingan padi UD. Rasul pada selama Maret 2020 hingga Februari 2021 sudah maksimal atau efisien kerjanya.
Keywords : Kemitraan, Penggilingan Padi, Lembaga Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:29
Last Modified: 20 Jun 2022 07:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16960

Actions (login required)

View Item
View Item