EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN PADA LAHAN SAWAH IRIGASI DI KABUPATEN BONE = Effectiveness of Agricultural Extension on Irrigated Rice Fields in Bone Regency


Sari, Putri Wulan (2021) EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN PADA LAHAN SAWAH IRIGASI DI KABUPATEN BONE = Effectiveness of Agricultural Extension on Irrigated Rice Fields in Bone Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116313_skripsi_cover1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116313_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116313_skripsi_dp.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116313_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Putri Wulan Sari (G211 16 313) Efektivitas Penyuluhan Pertanian pada Lahan Sawah Irigasi di Kabupaten Bone dibawah bimbingan Dr. Ir. Muh. Hatta Jamil, S.P., M.Si. dan Prof. Dr. Ir. Muslim Salam, M.Ec.
Kabupaten Bone merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki potensi sumber daya dukung pangan khususnta tanaman padi. Tujuan penelitian ini untuk 1) Menganalisis hubungan signifikansi-korelasi antara masing-masing variabel laten (latent Variables) dengan variabel pengukurnya (measured variabel). 2) Menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung variabel laten eksogen Pendidikan Formal dan Aset usahatani, dan pengaruh langsung variabel perantara sumberdaya manusia terhadap variabel endogen efektivitas penyuluhan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Kecamatan Kahu merupakan kecamatan dengan luas lahan sawah irigasi terluas di Kabupaten Bone. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Sebtember 2020. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak 100 orang petani yang dipilih secara acak. Data diolah secara kualitatif maupun kuantitatif. Data kualitatif diolah secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif diolah menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Linear Structural Relationship (PLS) 3.0. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 1) Variabel laten eksogen (pendidikan formal dan aset usahatani), variabel perantara (Sumberdaya Manusia) dan variabel laten endogen (Efektivitas penyuluhan) pada penelitian ini memiliki hubungan signifikansi-korelasi yang baik dengan variabel pengukurnya (measured variabel) masing-masing dengan nilai loading factor > 0.7. 2) Variabel pendidikan formal tidak berpengaruh signifikan secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel sumberdaya manusia terhadap variabel efektivitas penyuluhan pertanian. Sementara variabel aset usahatani memberikan pengaruh signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel sumberdaya manusia terhadap variabel efektivitas penyuluhan pertanian. Variabel sumberdaya manusia memberikan pengaruh signifikan baik secara langsung terhadap variabel efektivitas penyuluhan pertanian.
Kata Kunci: Efektivitas Penyuluhan Pertanian, Usahatani Cengkeh, Structural Equation Modeling, Linear Structural Relationship.
Kata Kunci: Efektivitas Penyuluhan Pertanian, Usahatani Cengkeh, Structural Equation Modeling, Linear Structural Relationship.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:28
Last Modified: 20 Jun 2022 07:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16955

Actions (login required)

View Item
View Item