ANALISIS SEKTOR BASIS PERTANIAN DAN KOMODITI UNGGULAN PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ENREKANG = ANALYSIS OF AGRICULTURAL BASE SECTORS AND AGRICULTURAL LEADING COMMODITIES IN INCREASING ECONOMIC GROWTH IN ENREKANG REGENCY


Novriyanti, Resky (2021) ANALISIS SEKTOR BASIS PERTANIAN DAN KOMODITI UNGGULAN PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ENREKANG = ANALYSIS OF AGRICULTURAL BASE SECTORS AND AGRICULTURAL LEADING COMMODITIES IN INCREASING ECONOMIC GROWTH IN ENREKANG REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116308_skripsi_cover1.jpg

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116308_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116308_skripsi_dp.pdf

Download (969kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116308_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui sektor perekonomian yang menjadi basis dan bukan basis dalam perekonomian wilayah Kabupaten Enrekang, 2) mengetahui subsektor pertanian yang menjadi basis pada setiap kecamatan di Kabupaten Enrekang, dan 3) mengetahui komoditi pertanian yang menjadi komoditi unggulan di Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Enrekang dan Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2014-2018 serta data produksi komoditi pertanian di Kabupaten Enrekang dan Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2014-2018. Penelitian ini menggunakan metode Location Quotient (LQ), Shift Share, dan Tipologi Klassen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat lima sektor perekonomian di Kabupaten Enrekang yang merupakan sektor basis yaitu sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan; sektor pengadaan listrik, gas; sektor konstruksi; sektor administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib; dan sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial, 2) subsektor pertanian basis pada setiap kecamatan di Kabupaten Enrekang adalah subsektor tanaman pangan menjadi basis di Kecamatan Maiwa, Bungin, Enrekang, Cendana, Buntu Batu, dan Curio. Subsektor Hortikultura menjadi basis di Kecamatan Anggeraja, Malua, Alla, Masalle, dan Baroko. Subsektor Perkebunan menjadi basis di Kecamatan Bungin, Cendana, Baraka, Buntu Batu, Malua, dan Curio, dan 3) komoditi pertanian yang teridentifikasi sebagai komoditi unggulan di Kabupaten Enrekang yakni pada subsektor tanaman pangan yaitu jagung, subsektor hortikultura yaitu bawang merah, tomat, kacang merah, buncis, pepaya, nangka, salak, belimbing, dan subsektor perkebunan yaitu lada.
Keywords : Sektor Basis; Komoditi Unggulan; LQ; Shift Share; Tipologi Klassen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:24
Last Modified: 20 Jun 2022 07:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16952

Actions (login required)

View Item
View Item