Penerapan Sistem Kendali Fuzzy Logic Metode Sugeno pada Reaktor Ohmic = Application of Fuzzy Logic Control System Sugeno Method in Ohmic Reactor


Paotonan, Krisharyadi (2021) Penerapan Sistem Kendali Fuzzy Logic Metode Sugeno pada Reaktor Ohmic = Application of Fuzzy Logic Control System Sugeno Method in Ohmic Reactor. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G41116301_skripsi_cover1.jpg

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G41116301_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G41116301_skripsi_dp.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G41116301_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

KRISHARYADI PAOTONAN (G411 16 301). Penerapan Sistem Kendali Fuzzy Logic Metode Sugeno pada Reaktor Ohmic di bawah bimbingan: ABDUL WARIS dan SALENGKE.

Latar Belakang Salah satu teknologi yang dapat diaplikasikan dalam pengolahan hasil pertanian saat ini adalah pemanasan ohmic. Pemanasan ohmic saat ini, umumnya menerapkan sistem kontrol on-off yang masih memiliki nilai overshoot suhu relatif besar serta kurang stabil selama proses pemanasan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu diteliti penerapan sistem kontrol modern seperti sistem kontrol fuzzy logic metode sugeno. Tujuan Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan sistem kontrol fuzzy logic yang diterapkan pada reaktor ohmic sehingga proses pemanasan menjadi stabil, settling time pendek, overshoot suhu serta error steady state yang kecil. Metode Pada penelitian ini adalah rancang bangun sistem akuisisi data reaktor ohmic. Untuk menunjukkan keberhasilan perancangan dilakukan analisa respon dinamis dan statis suhu dan dibandingkan dengan kriteria kontrol sistem secara umum, kemudian dibandingkan dengan kontrol on-off dan kontrol fuzzy expert. Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu overshoot suhu, settling time, error steady state dan kestabilan proses pemanasan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem kendali fuzzy logic metode sugeno memiliki kinerja yang sangat baik dalam mengontrol reaktor ohmic, baik dengan menggunakan konsentrasi larutan NaCl rendah maupun konsentrasi larutan NaCl yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dari overshoot suhu yang kecil, settling time singkat, suhu pemanasan yang stabil serta nilai error steady state yang masih berada dalam batasan toleransi. Penerapan sistem kontrol fuzzy sugeno memiliki konsumsi energi yang lebih kecil dibandingkan dengan kotrol fuzzy expert. Selisih konsumsi energi dari sistem kontrol fuzzy sugeno dengan kontrol fuzzy expert pada konsentrasi larutan NaCl 1%, 2%, 3% dan 4% masing-masing sebesar 10%, 2%, 12% dan 9%.
Kata kunci : Fuzzy Logic, Pemanasan Ohmic dan Suhu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:04
Last Modified: 20 Jun 2022 07:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16943

Actions (login required)

View Item
View Item