Pengeringan Lapisan Tipis Cabai Rawit = Thin Layer Drying of Cayenne Pepper


Sutralia, Sutralia (2021) Pengeringan Lapisan Tipis Cabai Rawit = Thin Layer Drying of Cayenne Pepper. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G41116005_skripsi_cover1.jpg

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G41116005_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G41116005_skripsi_dp.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G41116005_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SUTRALIA (G411 16 005). Pengeringan Lapisan Tipis Cabai Rawit. Pembimbing: Prof. Dr. Ir. JUNAEDI MUHIDONG, M. Sc dan Dr. Ir. IQBAL, S.TP., M.Si.
Kata Kunci: Cabai rawit, pengeringan lapisan tipis, kadar air, warna, dan MR.
Karakteristik cabai yang mudah rusak memerlukan perlakukan untuk mempertahankan daya simpan cabai agar tetap bertahan lama. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengeringan lapisan tipis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model pengeringan lapisan tipis yang sesuai dengan karakteristik buah cabai rawit. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua buah cabai yaitu cabai merah dan cabai hijau dengan perlakuan untuk setiap cabai yaitu dibelah dan utuh. Ketebalan tumpukan cabai saat pengeringan yaitu 1 lapisan dengan suhu pengeringan 45oC dan 55oC dengan kecepatan udara penageringan sebesar 1,0 m/s. Parameter yang diamati yaitu pola penurunan kadar air, pola penurunan moinsture ratio, pengujian model pengeringan yang diuji yaitu Page, Newton, dan Handerson & Pabis, dan perubahan warna pada cabai selama pengeringan berlangsung. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Page merupakan model terbaik untuk merepresentasikan pola perubahan moisture ratio dari cabai rawit merah dan cabai hijau, baik yang utuh maupun yang dibelah. Warna cabai mulai mengalami perubahan yang siginifkan setelah pengeringan berlangsung selama 10 jam. Perubahan relatif kecil dan stabil hingga 20 jam terakhir.
Kata Kunci: Cabai rawit, pengeringan lapisan tipis, kadar air, warna, dan MR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:03
Last Modified: 20 Jun 2022 07:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16940

Actions (login required)

View Item
View Item