Pengaruh Suhu Penyimpanan dan Kemasan Plastik Polyethylene Terhadap Karakteristik dan Mutu Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.) = The Effect of Temperature and Polyethylene Plastic Packaging on Cayenne Pepper (Capsicum frutescens L.) on Its Characteristics and Quality


Ni`ma, Andi Ainun (2021) Pengaruh Suhu Penyimpanan dan Kemasan Plastik Polyethylene Terhadap Karakteristik dan Mutu Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.) = The Effect of Temperature and Polyethylene Plastic Packaging on Cayenne Pepper (Capsicum frutescens L.) on Its Characteristics and Quality. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G031171310_skripsi_cover1.jpg

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G031171310_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (908kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G031171310_skripsi_dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G031171310_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) adalah salah satu jenis cabai yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, baik dikonsumsi secara langsung, maupun melalui pengolahan. Cabai rawit termasuk suatu komoditas yang bersifat perishable atau mudah rusak. Selain itu, cabai yang diberi kemasan mempengaruhi kualitas dan daya tahan penyimpanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu penyimpanan dan perlakuan pengemasan terhadap karakteristik dan mutu cabai rawit, untuk mengetahui umur simpan pada cabai rawit yang disimpan pada suhu dingin (100C) yang tidak dikemas; suhu dingin (100C) yang dikemas plastik polyethylene; suhu beku (-190C) yang tidak dikemas; dan suhu beku (-190C) yang dikemas plastik polyethylene. Desain penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial, yaitu faktor A (suhu penyimpanan) berupa A1 (suhu dingin 100C) dan A2 (suhu beku -190C), dan faktor B (pengemasan) berupa B1 (tanpa pengemasan) dan B2 (dikemas plastik polyethylene) sebanyak tiga kali ulangan. Parameter pengamatan pada penelitian ini yaitu kadar air, analisis kandungan capsaicin, analisis kandungan vitamin C, tingkat pH, total padatan terlarut, persentase susut bobot, dan warna pada cabai rawit. Pengolahan data diuji menggunakan analisa sidik ragam (ANOVA). Apabila terdapat perbedaan nyata maka dilanjutkan dengan uji Tukey (BNJ). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa suhu hanya berpengaruh nyata terhadap kadar capsaicin; suhu dan pengemasan berpengaruh nyata terhadap pH dan susut bobot; suhu, pengemasan dan interaksi keduanya berpengaruh nyata terhadap kadar air dan total padatan terlarut; sedangkan, suhu, pengemasan, dan interaksi keduanya tidak berpengaruh nyata terhadap vitamin C dan warna cabai rawit.
Keywords : Cabai rawit, capsaicin, suhu, pengemasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:46
Last Modified: 20 Jun 2022 06:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16924

Actions (login required)

View Item
View Item