VARIASI JARAK ANTARA PROPELLER DAN PENGARUH SUDUT KEMIRINGAN KEMUDI TERHADAP THRUST PADA KMP BONTOHARU


Putra, Prapaskah Esha (2020) VARIASI JARAK ANTARA PROPELLER DAN PENGARUH SUDUT KEMIRINGAN KEMUDI TERHADAP THRUST PADA KMP BONTOHARU. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D33115510_skripsi1 cover.png

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D33115510_skripsi-1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D33115510_skripsi-dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D33115510_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam proses perancangan dan pembuatan kapal, diperlukan sebuah Sistem Penggerak Kapal dan desain dengan perhitungan yang sangat sempurna, tidak terkecuali kemudi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pengaruh jarak antara propeller terhadap thrust kapal dan bagaimana pengaruh sudut kemiringan kemudi terhadap thrust kapal, dengan mengunakan pendekatan CFD (Computational Fluid Dynamic) dengan variable variasi jarak antara propeller yang akan diuji adalah 0.9 m dan 2.3 m dan variasi sudut daun kemudi yang akan diuji adalah 00, 200, dan 350 didapat hasil pengaruh jarak antar propeller terhadap thurst kapal adalah semakin dekat jarak antar propeller maka semakin besar nilai drag force dan semakin kecil nilai lift forcenya lalu pengaruh kemudi terhadap lift force akan semakin meningkat untuk setiap kenaikan sudut lalu untuk kemudi dengan sudut dan untuk drag force akan semakin menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Dec 2020 00:34
Last Modified: 06 Nov 2024 04:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item
View Item