Perlindungan Hukum Merek Terkenal terhadap Penggunaan dalam Iklan Promosi untuk Memasarkan Parfum Beraroma Serupa


Sutanto, Jessica (2022) Perlindungan Hukum Merek Terkenal terhadap Penggunaan dalam Iklan Promosi untuk Memasarkan Parfum Beraroma Serupa. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B011181058_skripsi_07-06-2022 cover1.png

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B011181058_skripsi_07-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B011181058_skripsi_07-06-2022 dp.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B011181058_skripsi_07-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Jessica Sutanto (B011181058) dengan judul “Perlindungan Hukum Merek Terkenal terhadap Penggunaan dalam Iklan Promosi untuk Memasarkan Parfum Beraroma Serupa”. Di bawah bimbingan Winner Sitorus sebagai Pembimbing Utama dan Aulia Rifai sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan merek parfum terkenal oleh pelaku usaha dalam iklan promosi untuk memasarkan parfum beraroma serupa merupakan pelanggaran merek serta praktik penggunaan wajar (fair use) di Amerika Serikat dan Uni Eropa.
Metode Penelitian yang digunakan adalah normatif. Adapun bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan, bahan hukum sekunder berupa studi kepustakaan (jurnal dan buku-buku), dan bahan non-hukum berupa buku dan jurnal mengenai Manajemen Pemasaran dan Parfum.
Adapun hasil penelitian ini, yaitu 1) Di Amerika dan Uni Eropa memandang penggunaan merek parfum pihak lain dalam materi iklan promosi dikategorikan sebagai pelanggaran merek apabila penggunaan tersebut bukan penggunaan yang wajar, sementara di Indonesia bukan pelanggaran. 2) Indonesia belum memberikan perlindungan hukum terhadap penggunaan merek parfum dalam iklan promosi karena penggunaan merek yang tidak dilekatkan pada produk tidak dikategorikan sebagai penggunaan merek. Sementara Amerika dan Uni Eropa telah memberikan perlindungan hukum dengan memaknai penggunaan merek secara luas yang merujuk pada ketentuan fair use.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:33
Last Modified: 20 Jun 2022 06:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16914

Actions (login required)

View Item
View Item