ANALISIS REDUKSI VIABILITAS BAKTERI Streptococcus mutans HASIL FOTOINAKTIVASI LASER DIODE KOMBINASI KLOROFIL DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia L.) DENGAN METODE XTT ASSAY


Tasmara, Fikhri Astina (2021) ANALISIS REDUKSI VIABILITAS BAKTERI Streptococcus mutans HASIL FOTOINAKTIVASI LASER DIODE KOMBINASI KLOROFIL DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia L.) DENGAN METODE XTT ASSAY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
H021171303_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
H021171303_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (832kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H021171303_skripsi_cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
H021171303_skripsi_dp.pdf

Download (305kB)

Abstract (Abstrak)

Penghambatan pertumbuhan mikroba patogen Streptococcus mutans dengan mekanisme fisika telah dikembangkan melalui metode antimicrobial Photodinamic Therapy (aPDT). Mekanisme kerja dari fotoinaktivasi bergantung pada fotosensitizer (PS) dan cahaya tampak yang menyamai spektrum penyerapan PS. Fotosensitizer yang terlokalisasi pada jaringan/sel tertentu akan diaktivasi oleh cahaya dengan panjang gelombang yang sesuai dan akan meningkatkan produksi Reactive Oxygen Species (ROS) yang dapat memicu kerusakan pada lipid, DNA, serta kematian sel pada mikroorganisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reduksi viabilitas bakteri Streptococcus mutans setelah perlakuan fotoinaktivasi dengan fotosensitizer daun mengkudu yang dilanjutkan dengan penyinaran menggunakan laser biru 450 nm dengan berbagai lama waktu pnyinaran. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa efek reduksi minimal dari fotoinaktivasi ialah 35,88% dengan lama waktu penyinaran satu menit dan efek reduksi menigkat signifikan sebesar 50,23% dengan lama waktu penyinaran lima menit. Berdasarkan hasil yang diperoleh, lama penyinaran berbanding lurus dengan peningkatan presentasi penghambatan mekanisme aPDT terhadap Streptococcus mutans.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fotodinamik terapi, daun mengkudu, fotoinaktivasi, Streptococcus mutans.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:45
Last Modified: 20 Jun 2022 03:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16895

Actions (login required)

View Item
View Item