Responsibilitas Pelayanan Publik di Kementerian Agama Republik Indonesia Kantor Kabupaten Luwu Timur


Ummah, Mashlahatul (2020) Responsibilitas Pelayanan Publik di Kementerian Agama Republik Indonesia Kantor Kabupaten Luwu Timur. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E12116001_skripsi COVER1.png

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
E12116001_skripsi 1-2.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E12116001_skripsi DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E12116001_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

INTISARI
Mashlahatul Ummah, E12116001. Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, menyususn skripsi dengan judul “Responsibilitas Pelayanan Public di Kementerian Agama Republik Indonesia Kantor Kabupaten Luwu Timur”. Dibawah bimbingan oleh Prof. Dr. Nurlinah, M.Si sebagai pembimbing I dan Rahmatullah, S.IP., M.Si. sebagai pembimbing II.
Pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang dicintai masyarakat. Oleh karena itu pemerintah sebagai pelayan masyarakat pemberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat karena Kepuasan masyarakat terhadap sebuah pelayanan merupakan kesuksesan dari pemerintah. Terdapat beberapa jenis pelayanan publik yang ada, namun penulis berfokus pada pelayanan adaministrasi dan jasa yaitu pelayanan haji dan umrah di kementerian agama kantor kabupaten luwu timur dengan metode deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi langsung ditambah dengan catatan-catatan, arsip-arsip, dan berita resmi dengan beracuan pada prinsip-prinsip responsibilitas.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa responsibilitas pelayanan publik pada penyelenggaraan haji dan umrah di Kementerian Agama Kantor Kabupaten Luwu Timur telah berjalan dengan cukup baik berdasarkan standar operasional yang telah di tetapkan dan sesuai dengan pebagian tugas dan tanggungjawab masing-masing. Namun masih terdapat kekurangan yang menjadi keluhan bagi sebagian masyarakat dalam setiap tahap penyelenggaraan haji sehingga dibutuhkan evaluasi dan tindak lanjut yang lebih serius dari evaluasi tersebut agar terwujudnya pelayanan yang baik yaitu pelayanan yang responsive terhadap masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 28 Dec 2020 00:33
Last Modified: 28 Dec 2020 00:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item
View Item