PENGARUH INTERVENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN CAKUPAN IMUNISASI TETANUS TOKSOID IBU HAMIL DI KECAMATAN TAWAELI KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH = THE EFFECT OF INTERPERSONAL COMMUNICATION INTERVENTIONS TO INCREASE TETANUS TOXOID IMMUNISATION COVERAGE FOR PREGNANT WOMEN IN PALU, CENTRAL SULAWESI


Munawarah, Munawarah (2022) PENGARUH INTERVENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN CAKUPAN IMUNISASI TETANUS TOKSOID IBU HAMIL DI KECAMATAN TAWAELI KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH = THE EFFECT OF INTERPERSONAL COMMUNICATION INTERVENTIONS TO INCREASE TETANUS TOXOID IMMUNISATION COVERAGE FOR PREGNANT WOMEN IN PALU, CENTRAL SULAWESI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012201008_tesis_07-06-2022 cover1.png

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012201008_tesis_07-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012201008_tesis_07-06-2022 dp.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012201008_tesis_07-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak

Munawarah Pengaruh Intervensi Komunikasi Interpersonal dan Buku Saku Untuk Meningkatkan Cakupan Imunisasi Tetanus Toksoid Ibu Hamil Di Kecamatan Tawaeli Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (dibimbing oleh Stang, dan Andi Ummu Salmah)

Mengingat pentingnya pemberian imunisasi Tetanus Toksoid (TT) pada ibu hamil untuk mencegah penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada ibu dan janin maka dilakukan pendekatan kepada ibu hamil dengan komunikasi interpersonal dan buku saku imunisasi TT ibu hamil. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh pemberian edukasi dengan komunikasi Interpersonal terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan ibu hamil melakukan Imunisasi Tetanus Toksoid pada Ibu Hamil di Kecamatan Tawaeli Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan Pre test-Post test Control Group Design, dilaksanakan di kecamatan Tawaeli kota palu. Sampel yang diambil sebanyak 44 respoden menggunakan non probability sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu hamil pada dengan kemalihan kehamilan pertama trimester ke dua yang ada di wilayah kelurahan Tawaeli. Analisis data menggunakan uji Chi-square dan uji McNemar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian edukasi komunikasi interpersonal dan buku saku pada ibu hamil terhadap pengetahuan ibu (p=0,028). Setelah diberikan intervensi terdapat pengaruh pemberian edukasi dengan komunikasi interpersonal dan buku saku terhadap sikap ibu hamil (p=0,013). terdapat pengaruh pemberian edukasi dengan komunikasi interpersonal dan buku saku pada ibu hamil terhadap perilaku ibu hamil (p=0,001). Pemberian edukasi dengan komunikasi interpersonal dan buku saku pada ibu hamil berpengaruh terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu hamil antara kelompok intervensi dan kontrol.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Buku saku, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Imunisasi TT.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:08
Last Modified: 20 Jun 2022 02:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16862

Actions (login required)

View Item
View Item