Implementasi Filter Spasial Linier pada Video Stream Menggunakan FPGA Hardware Accelerator = Implementation of Linear Spatial Filter in Video Stream Using FPGA Hardware Accelerator


Sulaeman, Sulaeman (2021) Implementasi Filter Spasial Linier pada Video Stream Menggunakan FPGA Hardware Accelerator = Implementation of Linear Spatial Filter in Video Stream Using FPGA Hardware Accelerator. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H13116002_skripsi_cover1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H13116002_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H13116002_skripsi_dp.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H13116002_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Berbagai macam akselerator telah dikembangkan dalam meningkatkan kinerja dan efisiensi energi untuk menangani komputasi berat, salah satu diantaranya yaitu FPGA. FPGA mampu menangani beban komputasi yang begitu berat sehingga dapat digunakan untuk Digital Signal Processing, Image Processing, Neural Network, dan sebagainya. Pada penelitian ini penulis mencoba mengkaji kinerja yang dimiliki ARM prosesor dan FPGA pada FPGA Development Board Xilinx PYNQ Z2 dalam penerapan filter spasial linear pada video stream. Kernel filter yang digunakan pada penelitian ini yaitu average blur, gaussian blur, laplacian, sharpen, sobel horizontal dan sobel vertical. Parameter yang digunakan untuk mengukur kinerja ARM prosesor dan FPGA yaitu waktu komputasi, frame rate (FPS), penggunaan CPU, penggunaan memory, resident memory (RES), shared memory (SHR) dan virtual memory (VIRT). Rata-rata waktu komputasi yang dibutuhkan untuk menerapkan filter spasial linear pada 200 frame dengan ARM prosesor adalah 29.06 detik sedangkan dengan FPGA rata-rata hanya dibutuhkan 3.32 detik. Video hasil filter dengan ARM prosesor memperoleh rata-rata 6.95 fps sedangkan dengan FPGA rata-rata 60.37 fps. Penggunaan CPU pada FPGA lebih rendah daripada ARM prosesor. Secara umum penggunaan memory, resident memory, shared memory dan virtual memory pada ARM prosesor dan FPGA tidak jauh berbeda.
Keywords : filter spasial linear, FPGA, ARM prosesor, video stream, video processing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:18
Last Modified: 17 Jun 2022 08:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16822

Actions (login required)

View Item
View Item