Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Lontara Bugis Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity 3D = Development of Learning Media for Lontara Bugis Language Based on Augmented Reality Using Unity 3D


Suharto, Ahmad Fikri Aslam (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Lontara Bugis Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity 3D = Development of Learning Media for Lontara Bugis Language Based on Augmented Reality Using Unity 3D. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H13115506_skripsi_cover1.jpg

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H13115506_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H13115506_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H13115506_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Lontara adalah aksara tradisional masyarakat Bugis. Lontara berasal dari kata Lontar yaitu sejenis tumbuhan yang banyak tumbuh di Sulawesi Selatan. Istilah Lontara juga mengacu pada literatur mengenai sejarah dan silsilah masyarakat Bugis, salah satunya terdapat pada Sureq La Galigo. Dalam hal ini, di era sekarang ini Bahasa Lontara penggunaan Bahasa Lontara kian hari kian menurun yang menyebabkan pelestariannya semakin berkurang. Salah satu teknologi digunakan sebagai media pembelajaran untuk Bahasa Lontara bugis adalah augmented reality. Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda–benda maya tersebut dalam waktu nyata atau secara real-time. Metode penelitian dan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini BlackBox testing dan user acceptance testing. Hasil dari penelitian aplikasi media pembelajaran Lontara Bugis berbasis augmented reality dapat menunjukkan bahwa aplikasi dinyatakan layak digunakan, dapat menghasilkan output dan sistem dapat digunakan dengan baik.
Keywords : Lontara Bugis, Augmented Reality, Media Pembelajaran, Blackbox, User Acceptance Testing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:16
Last Modified: 17 Jun 2022 08:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16820

Actions (login required)

View Item
View Item