Peramalan Jumlah Penumpang Kapal Laut Menggunakan Metode Fuzzy Runtun Waktu Chen Orde Tinggi = Forecasting the Number of Sea Passengers Using the Method Fuzzy Chen High Order Time Streak


Adiputra, Rizki (2020) Peramalan Jumlah Penumpang Kapal Laut Menggunakan Metode Fuzzy Runtun Waktu Chen Orde Tinggi = Forecasting the Number of Sea Passengers Using the Method Fuzzy Chen High Order Time Streak. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H12116508_skripsi_cover1.jpg

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H12116508_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H12116508_skripsi_dp.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H12116508_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pelabuhan sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan masyarakat. Setiap harinya masyarakat menggunakan transportasi kapal laut dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Pada hari-hari tertentu terdapat peningkatan jumlah penumpang kapal yang dapat memperlambat kegiatan operasional dari pelabuhan, maka menyebabkan terjadinya penumpukan penumpang di pelabuhan. Oleh karena itu, pelabuhan harus siap sedia dalam mengatasi jika terjadinya penumpukan penumpang di pelabuhan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan forecasting jumlah penumpang kapal laut di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar pada periode yang akan datang untuk mengetahui seberapa besar perkiraan jumlah penumpang di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Hasil dari penelitian tersebut dapat menjadi masukan kepada instansi PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Makassar jika akan terjadi lonjakan penumpang pada periode ke depan. Fuzzy runtun waktu (FRW) merupakan metode peramalan data yang menggunakan konsep himpunan fuzzy sebagai dasar perhitungannya. Kelebihan dari metode ini antara lain adalah dapat mengolah data yang tidak stasioner dan tidak membutuhkan asumsi-asumsi dibandingkan metode prediksi lainnya. Pada tahun 2002, Chen memperkenalkan FRW Orde Tinggi dengan melakukan pengembangan pada langkah penentuan Fuzzy Logic Relations (FLR) dengan melibatkan dua atau lebih data historis. Peneliti menggunakan metode fuzzy runtun waktu Chen orde tinggi dalam melakukan peramalan pada penelitian ini. Peneliti membagi data menjadi data training dan testing. Prinsip dalam metode fuzzy adalah mengubah nilai data aktual ke dalam bentuk nilai linguistik untuk melakukan peramalan. Alasan peneliti memilih menggunakan metode ini adalah lebih efisien, efektif dan juga sebagai alternatif lain jika ingin melakukan peramalan runtun waktu. Prosedur dalam melakukan penelitian dengan menggunakan metode ini adalah yang pertama menentukan himpunan semesta, kedua menentukan interval kelas, ketiga melakukan fuzzifikasi, keempat menentukan FLR dan FLRG, dan yang terakhir melakukan defuzifikasi untuk mendapatkan nilai peramalan. Hasil dari penelitian dengan menggunakan fuzzy runtun waktu Chen orde tinggi terbaik adalah orde kedua menghasilkan ukuran error MAPE sebesar 0,143, MSE sebesar 134709933,9 dan MAE sebesar 9478,52. Hasil prediksi data testing satu periode kedepan adalah 52.608.
Kata Kunci : Fuzzy Runtun Waktu, Orde Tinggi, Penumpang Kapal Laut, Testing, Training.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Statistika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:07
Last Modified: 17 Jun 2022 08:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16810

Actions (login required)

View Item
View Item