STRUKTUR, KOMPOSISI DAN PEMANFAATAN JENIS TANAMAN SISTEM AGROFORESTRY DALAM PEMBANGUNAN TONGKONAN DI KELURAHAN MALIMBONG KECAMATAN SA’DAN KABUPATEN TORAJA UTARA = Structure, Composition and Utilization of Plant Types in the Agroforestry System in Tongkonan Development in Malimbong Village, Sa'dan District, North Toraja Regency


Rachmat, Muhammad Ramdhan (2022) STRUKTUR, KOMPOSISI DAN PEMANFAATAN JENIS TANAMAN SISTEM AGROFORESTRY DALAM PEMBANGUNAN TONGKONAN DI KELURAHAN MALIMBONG KECAMATAN SA’DAN KABUPATEN TORAJA UTARA = Structure, Composition and Utilization of Plant Types in the Agroforestry System in Tongkonan Development in Malimbong Village, Sa'dan District, North Toraja Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011171357_skripsi_02-06-2022 cover1.png

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011171357_skripsi_02-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M011171357_skripsi_02-06-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011171357_skripsi_02-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Sistem agroforestry di sekitar Tongkonan telah dilaksanakan masyarakat Kecamatan Malimbong sejak dahulu. Agroforestry yang di kelola memiliki berbagai jenis ragam yang perlu diketahui untuk meningkatkan produksi tanaman. Mempertimbangkan hal tersebut, maka di perlukan kajian mendalam yang bersangkutan dengan tujuan penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui struktur dan komposisi jenis tumbuhan pada sistem agroforestry, mengetahui pemanfaatan jenis tumbuhan agroforestry, dan mengetahui kayu rumah adat Toraja Tongkonan di Kelurahan Malimbong, Kecamatan Sa’dan dan Kabupaten Toraja Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan langsung di lapangan dan melakukan wawancara kepada petani terpilih yang memiliki bangunan rumah Tongkonan dan kebun agroforestry dengan metode purposive sampling menggunakan kuisioner. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dengan pertimbangan masyarakat yang memiliki bangunan rumah tongkonan dan kebun agroforestry di sekitarnya. Untuk mengetahui struktur dan komposisi tanaman agroforestry, dilakukan pembuatan plot secara sistematis pada setiap kebun agroforestry dengan luas plot 20 m x 50 m untuk pengambilan data sekunder dan komposisi jenis dan sub plot berukuran 10 m x 25 m untuk menggambarkan struktur vertikal sistem agroforestry. Sedangkan untuk mengetahui pemanfaatan jenis tanaman agroforestry dan volume kayu rumah adat Tongkonan dilakukan wawancara terhadap 32 responden. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur dan komposisi jenis tanaman penyusun relative sama yang memiliki jumlah sebanyak 33 jenis tanaman, pemanfaatan yang paling banyak dimanfaatkan ialah pemfaatan kayu bakar sedangkan yang paling sedikit ialah pakan ternak dan ritual, volume kayu yang dibutuhkan dalam pembangunan rumah adat Tongkonan bervariasi antara 29 m3 – 46 m3 dengan rata-rata 37,7 m3.
Keywords : Komposisi; Pemanfaatan; Sistem Agroforestry; Struktur; Tongkonan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:36
Last Modified: 16 Jun 2022 07:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16787

Actions (login required)

View Item
View Item