KARAKTERISTIK NYAMUK DI KAWASAN LEMBAGA PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPPPTK) KECAMATAN PATTALASSANG KABUPATEN GOWA


Bakar, Muammar Abu (2021) KARAKTERISTIK NYAMUK DI KAWASAN LEMBAGA PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPPPTK) KECAMATAN PATTALASSANG KABUPATEN GOWA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H41115503_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
H41115503_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H41115503_skripsi_cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
H41115503_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (612kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian mengenai Karakteristik Nyamuk Di Kawasan Pengembangan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (LPPPTK) Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa telah dilakukan pada bulan Maret – Agustus 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik nyamuk yang ada di kawasan LPPPTK Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Sampling nyamuk dilakukan di tiga titik yaitu : Bagian depan kantor (dekat pintu gerbang), tanah lapang, dan di bawah pohon sekitar gedung perkantoran. Sampling nyamuk menggunakan metode kelambu trap dan Bg Sentinel Trap. Hasil penelitian diperoleh 12 spesies nyamuk yaitu. An. barbirostis, An. nigerrimus, An. indefinites, An. subpictus, An. vagus, Ae. albopictus, Ae. aegypti, Ae. vigilax, Ma. uniformis, Cx. pipiens, Cx. tritaeniorynchus, dan Cx. vinshui. Kondisi lingkungan yang melingkungi serta ada dalam kawasan kantor LPPPTK terdiri atas sawah, perkebunan, bangunan-bangunan, selokan, kolam, barang-barang bekas atau sampah, dan juga wadah-wadah lainnya yang dapat menampung air, sehingga mampu menyokong kehidupan berbagai jenis nyamuk yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Anopheles, Aedes, Culex, Mansonia.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:39
Last Modified: 15 Jun 2022 01:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16736

Actions (login required)

View Item
View Item