PERAN KELOMPOK TANI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PETANI PADI SAWAH (Studi Kasus Kelompok Tani Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan)


Sara, Aslinda (2022) PERAN KELOMPOK TANI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PETANI PADI SAWAH (Studi Kasus Kelompok Tani Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A011171307_skripsi_02-06-2022 cover1.png

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A011171307_skripsi_02-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A011171307_skripsi_02-06-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A011171307_skripsi_02-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kelompok tani dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga petani padi sawah di Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling, yang terdiri dari delapan orang, yakni satu orang penyuluh pertanian lapangan (PPL), dua orang ketua kelompok tani, dan lima orang anggota kelompok tani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok tani di Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga anggota kelompoknya melalui tiga fungsi, yakni kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi. Kelompok tani memberikan solusi melalui rapat rutin kelompok tani, memfasilitasi penyuluhan dan pelatihan yang didampilingi oleh Penyuluh Praktik Lapangan (PPL), bekerjasama dengan penyalur resmi pupuk bersubsidi, memfasilitasi sarana dan prasarana produksi usahatani padi, serta menyediakan modal dari iuran simpan pinjam. Akan tetapi Namun kelompok tani belum mampu memasarkan hasil panen secara kolektif oleh karena modal yang dimiliki kelompok tani yang masih terbatas. Kesejahteraan anggota kelompok tani mengalami peningkatan setelah bergabung dengan kelompok tani dilihat dari adanya peningkatan hasil produksi sehingga pendapatan petani juga meningkat. Melalui kegiatan usahatani padi, petani mampu memenuhi kebutuhan hidup anggota keluarganya berupa kebutuhan pangan, kesehatan, pendidikan, perumahan, dan kebutuhan sosial lainnya. Selain itu petani juga dapat mengembangkan usahanya baik di sektor pertanian ataupun di sektor luar pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:14
Last Modified: 14 Jun 2022 07:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16693

Actions (login required)

View Item
View Item