DISTRIBUSI TINGKAT PIGMENTASI GONAD SEBAGAI PETUNJUK POLA REPRODUKSI KARANG FAMILY FAVIIDAE DI KEPULAUAN SPERMONDE KOTA MAKASSAR = DISTRIBUTION OF GONAD PIGMENTATION LEVEL AS A GUIDE TO REPRODUCTIVE PATTERNS OF FAMILY FAVIIDAE CORALS IN SPERMONDE ISLANDS, MAKASSAR CITY


Madjid, Muhammad Rizky (2022) DISTRIBUSI TINGKAT PIGMENTASI GONAD SEBAGAI PETUNJUK POLA REPRODUKSI KARANG FAMILY FAVIIDAE DI KEPULAUAN SPERMONDE KOTA MAKASSAR = DISTRIBUTION OF GONAD PIGMENTATION LEVEL AS A GUIDE TO REPRODUCTIVE PATTERNS OF FAMILY FAVIIDAE CORALS IN SPERMONDE ISLANDS, MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L11116503_skripsi_24-05-2022 cover1.png

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L11116503_skripsi_24-05-2022 1-2.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L11116503_skripsi_24-05-2022 dp.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L11116503_skripsi_24-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pemijahan karang di Indonesia diduga terjadi sepanjang tahun sebagai akibat dari kondisi lingkungan perairan wilayah tropis yang konstran bersuhu hangat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perkembangan pigmentasi gonad sebagai indikasi waktu kematangan gonad dan waktu pemijahan karang Faviidae wilayah equatorial. Pengamatan tingkat pigmentasi gonad secara visual berdasarkan pigmentasi gonad karang selama 12 bulan di Pulau Barrang Lompo, Pulau Kodingareng Keke, Pulau Samalona dan Pulau Bonetambung, Kepulauan Spermonde. Visual pigmentasi gonad karang didasarkan pada hasil pemotretan resolusi tinggi kamera digital. Data suhu bersumber dari water level logger temperature 12 bulan yang dipasang di perairan Pulau Barrang Lompo dan data curah hujan dari stasiun meteorologi paotere Makassar. Hasil penelitian ini, tercatat 12 spesies karang Faviidaei memiliki gonad terpigmentasi (oranye, kuning atau biru) dalam bulan-bulan tertentu sebagai indikasi kematangan gonad terpantau dari -9 BP sampai 2+ BP. Pigmentasi gonad terjadi pada Bulan September, November, Desember, Januari, Februari dan Maret. Dari spesies yang berbeda proporsi koloni terbanyak pigmentasi gonad terutama pada Bulan Maret, lalu September, Januari dan Februari. Spesies dari genera Favia, Goniastrea, dn Platygyra memiliki pigmentasi gonad pada Bulan Maret. Hanya Favites abdita, dan Platygyra acuta yang gonadnya berpigmen pada Bulan September dan Oktober, sementara Goniastrea edwardsi dan Platygyra sinensis pada Bulan November dan Desember. Spesies dari genera Favites, Goniastrea dan Platygyra matang gonad pada Bulan Januari dan Februari. Kematangan gonad karang Faviidae umumnya terjadi pada musim kemarau. Pigmentasi gonad karang mengindikasikan kematangan gonad karang dan memberikan petunjuk waktu (bulan) pemijahan karang Faviidae di Kepulauan Spermonde. Data ini berguna untuk menunjang konservasi jenis-jenis karang Faviidae untuk menyumbangkan hasil reproduksinya sehingga terjadi restorasi terumbu karang secara alami dari reproduksi seksualnya.
Keywords : Faviidae, Pigmentasi Gonad, Reproduksi seksual, Kepulauan Spermonde

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:37
Last Modified: 14 Jun 2022 06:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16661

Actions (login required)

View Item
View Item