Studi Kandungan Mineral Batuan di Baruga Bantimurung Kabupaten Maros Dengan Metode X-Ray Diffraction (XRD) = Study of Rock Mineral Content in Baruga Bantimurung, Maros Regency with the X-Ray Diffraction (XRD) Method


Shafira. M, Dewi (2021) Studi Kandungan Mineral Batuan di Baruga Bantimurung Kabupaten Maros Dengan Metode X-Ray Diffraction (XRD) = Study of Rock Mineral Content in Baruga Bantimurung, Maros Regency with the X-Ray Diffraction (XRD) Method. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H061171013_skripsi_cover1.jpg

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H061171013_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H061171013_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H061171013_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Batuan merupakan kumpulan mineral yang sudah dalam keadaan membeku. Batuan bisa mengandung satu atau beberapa mineral. Mineral adalah zat-zat hablur/kristal yang ada di dalam kerak bumi serta bersifat homogen, fisik maupun kimiawi. Mineral terbentuk bersamaan dengan terbentuknya batuan. Penelitian yang dilakukan di Desa Baruga, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros bertujuan untuk mengetahui kandungan mineral batuan, struktur kristal dan sebaran mineral batuan dengan 3 titik pengambilan sampel. Pada titik 1 dengan sampel batuan beku, titik 2 dengan sampel batuan sedimen dan titik 3 dengan sampel batuan sedimen dilakukan pengujian dengan analisis X-Ray Diffraction (XRD). Hasil analisis dari semua sampel menggunakan software High Score Plus diperoleh kandungan mineral yaitu calcite magnesian, calcite, quartz, diopside, corundum, chalcopyrite,dan wustite. Mineral yang sering muncul yaitu calcite magnesian dan quartz dengan struktur kristal mineralnya adalah rhombohedral dan hexagonal dengan ukuran yang bervariasi.
Kata Kunci : Batuan, XRD, Kandungan mineral, Struktur kristal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Geofisika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:26
Last Modified: 14 Jun 2022 03:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16636

Actions (login required)

View Item
View Item