ANALISIS OPERASIONAL HAULAGE HEAD TRUCK DI PT PELABUHAN INDONESIA IV CABANG MAKASSAR NEW PORT


Reskiyanti, Reskiyanti (2020) ANALISIS OPERASIONAL HAULAGE HEAD TRUCK DI PT PELABUHAN INDONESIA IV CABANG MAKASSAR NEW PORT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D32116006_skripsi cover.png

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D32116006_skripsi 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D32116006_skripsi dapus.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D32116006_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Pelabuhan Makassar New Port (MNP) merupakan Pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero). Makassar New Port memiliki peralatan bongkar muat seperti container crane, reachstacker, forklift dan head truck. Dengan adanya peralatan ini maka timbul pertanyaan bagaimana waktu pergerakan peralatan bongkar muat di Pelabuhan Makassar New Port dari dermaga sampai lapangan penumpukan, khususnya peralatan head truck (HT). Sehingga dapat diketahui kinerja dari peralatan head truck.
Metode pengambilan data yang digunakan yaitu dengan observasi atau dengan pengamatan pada aktivitas kegiatan dilapangan secara langsung. Titik berat studi ini ditekankan pada analisis waktu pergerakan bongkar muat dari dermaga sampai lapangan penumpukan, khususnya peralatan head truck (HT) dengan menentukan nilai effective time, idle time dan nilai kecepatan head truck.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai rata-rata idle time dalam proses bongkar peti kemas yang tertinggi terjadi pada HT 08 untuk 1 container crane yang bekerja dengan pengambilan beberapa sampel Head truck, sedangkan untuk 2 container crane terjadi pada HT 20. Pada proses muat peti kemas yang tertinggi terjadi pada HT 11, dimana disebabkan oleh adanya delivery atau pengambilan barang oleh pemilik dan penyusunan peti kemas diatas kapal yang lama sehingga memperlambat dalam proses bongkar muat peti kemas, sedangkan waktu rata-rata yang dibutuhkan head truck dalam 1 siklus untuk 1 CC yang bekerja adalah 05:33 detik dengan kecepatan rata-rata 7,21 m/s. Untuk 2 yaitu 03:18 detik dengan kecepatan rata-rata 5,18 m/s. Pada saat muat waktu rata-rata yang dibutuhkan head truck dalam 1 siklus 08:31 detik dengan kecepatan 7.21 m/s.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:45
Last Modified: 23 Dec 2020 02:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item
View Item