Perbandingan Efektivitas Peta Kendali Decision On Belief dan Peta kendali p Pada Pengendalian Kualitas Produk = Comparison of Effectiveness of Decision On Belief Control Chart and p Control Chart on Product Quality Control


Annisa, Nurul (2021) Perbandingan Efektivitas Peta Kendali Decision On Belief dan Peta kendali p Pada Pengendalian Kualitas Produk = Comparison of Effectiveness of Decision On Belief Control Chart and p Control Chart on Product Quality Control. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H051171013_skripsi_cover1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H051171013_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (874kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H051171013_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H051171013_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pengendalian kualitas statistik merupakan salah satu upaya untuk mendeteksi dengan cepat terjadinya penyebab khusus dari pergeseran proses. Salah satu metode yang digunakan dalam pengendalian kualitas statistika ialah dengan menggunakan peta kendali. Peta kendali Decision On Belief merupakan sebuah konsep metode dari pengendalian kualitas yang digunakan untuk mengontrol data univariat atribut. Pada penelitian ini, peta kendali Decision On Belief akan diterapkan pada data jumlah cacat air mineral yang diproduksi oleh UD Jabal Nur. Kemudian untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan peta kendali Decision On Belief, pengendalian kualitas juga dilakukan dengan menggunakan peta kendali p atau yang biasa disebut dengan peta kendali proporsi. Penerapan peta kendali Decision On Belief dan peta kendali p pada data jumlah cacat produksi air mineral UD Jabal Nur memberikan hasil bahwa proses produksi belum terkendali secara statistik. Hal ini dibuktikan dengan adanya 13 titik out of control pada peta kendali Decision On Belief dan 2 titik out of control pada peta kendali p. Selain itu, penerapan peta kendali Decision On Belief memberikan hasil yang lebih sensitif dan lebih baik dibandingkan dengan kinerja peta kendali p ditinjau berdasarkan total data out of control dan nilai average run length (ARL).
Kata Kunci : Peta Kendali Decision On Belief, Peta Kendali p, Out Of Control, Average Run Length, UD Jabal Nur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Statistika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:19
Last Modified: 14 Jun 2022 03:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16615

Actions (login required)

View Item
View Item