ANALISIS PENILAIAN DAYA SAING PERGURUAN TINGGI SWASTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI SWASTA MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS), ANALISIS SWOT, BISNIS CANVAS MODEL DI LLDIKTI WILAYAH III JAKARTA


Waluyo, Tri (2022) ANALISIS PENILAIAN DAYA SAING PERGURUAN TINGGI SWASTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI SWASTA MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS), ANALISIS SWOT, BISNIS CANVAS MODEL DI LLDIKTI WILAYAH III JAKARTA. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A013182024_disertasi_02-06-2022 cover1.png

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A013182024_disertasi_02-06-2022 1-2.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A013182024_disertasi_02-06-2022 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A013182024_disertasi_02-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (29MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Analisis Penilaian Daya Saing Perguruan Tinggi Swasta dan Implikasinya terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Menggunakan Metode AHP, SWOT, Bisnis Model Canvas di LLDIKTI Wilayah III Jakarta.

Tri Waluyo
Abd. Rahman Kadir
Nuraeni Kadir
Andi Aswan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Daya Saing Perguruan Tinggi Swasta dan Implikasinya terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta menggunakan metode AHP, SWOT, Bisnis Model Canvas di LLDIKTI Wilayah III Jakarta. Populasi penelitian adalah 12 perguruan tinggi swasta yang Institusi terakreditasi A dengan jumlah sampel sebanyak 300 mahasiswa jenjang Strata Satu (S1) dan 5 orang sebagai expert/informan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis metode AHP selanjutnya diolah menggunakan Expert Choice 11.0, SWOT, dan Bisnis Model Canvas.
Hasil penelitian dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat disimpulkan bahwa dengan beberapa kriteria yang digunakan yaitu website, media sosial, peran alumni, beasiswa, dan daya saing dapat digunakan sebagai alternatif dalam keputusan pemilihan PTS di LLDIKTI Wilayah III Jakarta. Demikian pula pada analisis SWOT diperoleh kesimpulan berada di kuadran 3 yaitu defensive atau bertahan : pada kondisi ini, PTS berada pada peluang pasar yang sangat besar, namun di dalam PTS sendiri sedang memiliki kendala. Fokus strategi PTS adalah meminimalkan masalah-masalah internal PTS sehingga dapat merebut peluang yang lebih baik untuk memenangkan persaingan dengan sesama PTS di LLDIKTI Wilayah III Jakarta. Sedangkan berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis business model canvas dapat disimpulkan dalam pengembangan bisnis yang bisa dilakukan PTS sebagai upaya meningkatkan keputusan pemilihan diharapkan menjadikan PTS lebih unggul dan berkualitas, dengan selalu menyediakan saluran informasi dan komunikasi yang lengkap (akurat), cepat dan mudah sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan customer segment. Key activities menunjukkan kegiatan utama yang harus diperhatikan PTS agar informasinya diketahui masyarakat luas selalu mengupdate informasi melalui website dan media sosial sebagai salah satu media promosi bagi perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:13
Last Modified: 14 Jun 2022 03:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16601

Actions (login required)

View Item
View Item