Karakteristik Morfologi dan Hubungan Kekerabatan Tanaman Murbei Morus spp. di Perkebunan Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan = Morphological Characteristics and Relationship of Mulberry Morus spp. in the Social Forestry and Environmental Partnership (PSKL) Plantation in Wajo Regency, South Sulawesi


Rhafiq, Renaldi (2021) Karakteristik Morfologi dan Hubungan Kekerabatan Tanaman Murbei Morus spp. di Perkebunan Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan = Morphological Characteristics and Relationship of Mulberry Morus spp. in the Social Forestry and Environmental Partnership (PSKL) Plantation in Wajo Regency, South Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H041171311_skripsi cover1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H041171311_skripsi bab 1-2.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H041171311_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H041171311_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian berjudul Karakteristik Morfologi dan Hubungan Kekerabatan Tanaman Murbei Morus spp. di Perkebunan Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan dilakukan di Kabupaten Wajo pada bulan September-Desember 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik morfologi dan hubungan kekerabatan beberapa spesies tanaman murbei Morus spp yang tumbuh di Kabupaten Wajo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan metode taksimetri. Sampel dalam penelitian ini ada sembilan spesies anggota Familia Moraceae Genus Morus yaitu M. nigra, M. macroura, M. australis, M. alba, M. cathayana, M. multicaulis, M. indica, M. canva dan M. acidosa. Karakter yang diamati yaitu ciri kebiasaan tumbuh, morfologi batang dan morfologi daun. Analisis data melalui perhitungan Indeks Similaritas (IS) menggunakan NTSYS-pc versi 2.10e. Selanjutnya dilakukan Analisis Cluster untuk mengelompokkan tanaman yang memiliki kesamaan karakteristik dari sembilan spesies. Hasil analisis fenetik menunjukkan bahwa pada tingkat kemiripan 0,64 (64 %) hubungan kekerabatan sembilan spesies tanaman murbei Morus spp. berdasarkan kemiripan karakter morfologi, dapat dikelompokkan ke dalam 2 kelompok. Kelompok pertama (A) terdiri atas M. nigra, M. indica, M. australis, M. cathayana, M. alba, dan M. macroura pada indeks similaritas 0,66 (66 %). Kelompok kedua (B) terdiri atas M. multicaulis, M. canva dan M. acidosa pada indeks similaritas 0,71 (71 %).
Keywords : Karakteristik Morfologi, Hubungan Kekerabatan, Murbei Morus spp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Biologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:09
Last Modified: 14 Jun 2022 03:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16597

Actions (login required)

View Item
View Item