KARAKTERSTIK MORFOLOGI DAN DAYA TAHAN HIDUP TIGA GALUR F1 ULAT SUTERA Bombyx morii L. DI KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG SULAWESI SELATAN = MORPHOLOGICAL CHARACTERSTICS AND LIFE RESISTANCE OF THREE F1 Strains of the Silkworm Bombyx morii L. IN DONRI-DONRI DISTRICT, SOPPENG DISTRICT, SOUTH SULAWESI


Sujito, Ayu Angreni (2021) KARAKTERSTIK MORFOLOGI DAN DAYA TAHAN HIDUP TIGA GALUR F1 ULAT SUTERA Bombyx morii L. DI KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG SULAWESI SELATAN = MORPHOLOGICAL CHARACTERSTICS AND LIFE RESISTANCE OF THREE F1 Strains of the Silkworm Bombyx morii L. IN DONRI-DONRI DISTRICT, SOPPENG DISTRICT, SOUTH SULAWESI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H041171015_skripsi cover1.jpg

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H041171015_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H041171015_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (894kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H041171015_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Ulat sutera Bombyx mori L merupakan salah satu jenis serangga dari Ordo Lepidoptera. Kegiatan budidaya sutera alam sudah dipraktekkan oleh masyarakat di Sulawesi Selatan sejak tahun 1950-an. Kegiatan budidaya sutera alam terdiri dari rangkaian kegiatan budidaya murbei dan pemeliharaan ulat sutera yang pada umumnya dilakukan oleh masyarakat pedesaan sebagai sumber pendapatan tambahan. Kabupaten Soppeng adalah salah satu pusat pengembangan sutera alam di Sulawesi Selatan. Diketahui bahwa mutu bibit berpengaruh langsung terhadap produksi kokon maupun benang yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakateristik morfologi dan daya tahan tiga galur ulat sutera Bombyx morii L. di Kecematan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan tiga galur ulat Sutera Bombyx morii L. yaitu: P1 galur PS01 (Litbang Perhutani Bogor), P2 galur S01 dan P3 galur S02 (BPA Bili-Bili). Variabel yang diamati berupa karakteristik ulat sutera, daya tetas telur, dan ketahanan ulat kecil (Instar I-III) dan ulat besar (Instar IV-V). Penelitian menggunakan metode RAL (Rancangan Acak Lengkap). Data yang diperoleh dianalisis dengan metode Analysis of Variant (Anova) One Way, kemudian bila terjadi perbedaan signifikan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (Tukey test) untuk mengetahui kelompok perlakuan yang memiliki pengaruh sama atau berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P1 memiliki karakteristik yang berbeda dengan P2 dan P3. Daya tetas telur menunjukkan data yang signifikan dimana antara bibit PS01, S01, dan S02 adanya perbedaan terhadap daya tetas telurnya cukup signifikan, daya tahan ulat kecil dan ulat besar yang relatif sama.
Keywords : Karakteritik, daya tahan, ulat sutera Bombyx morii L, galur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Biologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:09
Last Modified: 14 Jun 2022 03:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16595

Actions (login required)

View Item
View Item