POTENSI EKSTRAK DAUN TEMBAKAU (NICOTIANA TABACUM) DALAM MENGHAMBAT LAJU KOROSI PADA KOMPONEN PERANTI ORTODONTI BERBAHAN STAINLESS STEEL


Syah, Ulil Iksan (2021) POTENSI EKSTRAK DAUN TEMBAKAU (NICOTIANA TABACUM) DALAM MENGHAMBAT LAJU KOROSI PADA KOMPONEN PERANTI ORTODONTI BERBAHAN STAINLESS STEEL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
J011171323_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
J011171323_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011171323_skripsi_cover1.jpg

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
J011171323_skripsi_dp.pdf

Download (330kB)

Abstract (Abstrak)

Komponen peranti ortodonti merupakan suatu bagian dari peranti yang digunakan untuk memperbaiki kondisi gigi yang tidak teratur atau disebut maloklusi. Kondisi dalam rongga mulut akan mempengaruhi terjadinya korosi pada bahan yang bersifat logam karena adanya perubahan biologis seperti temperatur, pH, dan saliva sebagai salah satu elektrolit yang menyebabkan pelepasan senyawa logam. Korosi yang terjadi pada komponen peranti ortodonti dapat menghambat pergerakan mekanis pada perawatan. Korosi tidak dapat dihentikan tetapi lajunya dapat dikurangi dengan bahan penghambat (inhibitor) korosi yang terdiri dari inhibitor an-organik dan organik. Salah satu inhibitor organik ialah tembakau, konsentrasi inhibitor ekstrak daun tembakau dapat menurunkan arus korosi sehingga dapat menghambat laju korosi. Metode: Kajian literatur melalui penelusuran pustaka secara sistematis dan terstruktur dengan menggunakan gaya penulisan Vancouver style. Hasil: Ditemukan tujuh jurnal yang membahas efektifitas ekstrak daun tembakau dalam menghambat laju korosi pada baja dan aluminium. Semakin tinggi konsentrasinya maka semakin efektif dalam menghambat laju korosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranti ortodonti lepasan, korosi, dan ekstrak daun tembakau
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:11
Last Modified: 13 Jun 2022 03:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16546

Actions (login required)

View Item
View Item