MORFOMETRI ORGAN PENCERNAAN AYAM KAMPUNG YANG DIPELIHARA PADA KANDANG DENGAN ALAS LANTAI YANG BERBEDA = Digestive organ morphometry of native chickens reared in cages with different floor type


Tonapa, Dwisatria Tulak (2021) MORFOMETRI ORGAN PENCERNAAN AYAM KAMPUNG YANG DIPELIHARA PADA KANDANG DENGAN ALAS LANTAI YANG BERBEDA = Digestive organ morphometry of native chickens reared in cages with different floor type. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I11116002_skripsi_cover1.jpg

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I11116002_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (983kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I11116002_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I11116002_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Dwisatria Tulak Tonapa. I111 16 002. Morfometri Organ Pencernaan ayam kampung yang dipelihara pada Kandang dengan alas Lantai yang berbeda. Pembimbing Utama: Wempie Pakiding dan Pembimbing Anggota: Daryatmo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui morfometri organ pencernaan ayam kampung yang dipelihara pada kandang dengan alas lantai yang berbeda., Jumlah ayam yang digunakan yaitu 90 ekor ayam kampung umur dua minggu yang dibagi ke dalam 3 perlakuan alas slat, alas litter serbuk gergaji, alas tanah+hijauan, perlakuan menggunakan rancangan acak lengkap masing-masing perlakuan terdiri atas 5 petak yang berisi 6 ekor.Penelitian dilakukan selama 56 hari, ayam diberi pakan dan mium secara ad-libitum Untuk pengamatan morfometri usus dilakukan pengambilan sampel 1 ekor setiap petak perlakuan untuk pengamatan morfometri organ(panjang dan berat). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa panjang organ pencernaan (proventrikulus, duodenum, jejunum, ileum, caeca, dan usus besar) tidak dipengaruhi oleh jenis alas kandang yang digunakan selama pemeliharaan akan tetapi persentase berat gizzard, jejenum, ileum dan caeca nyata lebih berat pada perlakuan alas kandang litter dan alas kandang tanah+hijauan dibanding dengan perlakuan alas kandang slat.

Kata kunci: Ayam Kampung, Alas Kandang, Organ Pencernaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:08
Last Modified: 13 Jun 2022 03:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16537

Actions (login required)

View Item
View Item