PENGARUH PENYIMPANAN BIJI NILA (Indigovera tentoria) TERHADAP PERKECAMBAHAN BIJI YANG TELAH DI SIMPAN DALAM TEMPERATUR YANG BERBEDA = THE EFFECT OF STORAGE OF tilapia (Indigovera tentoria) ON THE GERMINATION OF SEEDS THAT HAVE BEEN STORED IN DIFFERENT TEMPERATURES


Buhakim, M. Saifullah (2019) PENGARUH PENYIMPANAN BIJI NILA (Indigovera tentoria) TERHADAP PERKECAMBAHAN BIJI YANG TELAH DI SIMPAN DALAM TEMPERATUR YANG BERBEDA = THE EFFECT OF STORAGE OF tilapia (Indigovera tentoria) ON THE GERMINATION OF SEEDS THAT HAVE BEEN STORED IN DIFFERENT TEMPERATURES. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I11112263_skripsi_cover1.jpg

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I11112263_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I11112263_skripsi-daftar pustaka.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I11112263_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MUH SAIFULLAH BUHAKIM (I 111 12 263) Pengaruh Perendaman Biji Nila (Indigofera tinctoria) Terhadap Perkecambahan Biji Yang Telah Di Simpan Dalam Temperatur Dan Lama Penyimpanan Yang Berbeda. (Dibawah bimbingan Muhammad Rusdy sebagai Pembimbing utama dan Syamsuddin Nompo sebagai pembimbing Anggota)
Produktivitas ternak perlu ditingkatkan dengan penyediaan pakan yang berkualitas dan berkesinambungan. Kesulitan penyediaan hijauan makanan ternak dalam jumlah besar terutama yang berkadar protein tinggi, mudah dibudidayakan, daya adaptasi tinggi, merupakan suatu masalah yang sering terjadi di daerah tropis terutama pada musim kemarau panjang, oleh karena itu diperlukan upaya penyediaan hijauan makanan ternak baik dari jenis rumput-rumputan maupun jenis leguminosa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh temperatur dan lama penyimpanan terhadap perkecambahan biji dan pertumbuhan awal bibit Indigofera tinctoria. Penelitian menggunakan rancangan petak terpisah dengan temperatur sebagai petak utama dan lama penyimpanan sebagai anak petak. Analisis ragam memperlihatkan bahwa temperatur berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap perkecambahan dan panjang akar, serta panjang batang dan nilai IVB menunjukkan pengaruh yang sangat nyata. lama penyimpanan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap perkecambahan, nilai IVB, panjang batang dan panjang akar. Lama penyimpanan berpengaruh nyata terhadap persentase perkecambahan, semakinlama penyimpanan, semakin tinggi persentase perkecambahan. semakin lama penyimpanan biji, daya kecambahnya akan semakin meningkat. Pada awal pertumbuhan benih perkembangan tanaman terkesan lambat, hal ini disebabkan karena bagian tanaman belum maksimal menjalankan fungsinya seperti pada akar dan batang, dimana akar tanaman belum berkembang serta aktif menyerap unsur hara.
Kata kunci: Biji Indigofera tinctoria, temperatur, lama penyimpanan, perkecambahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:06
Last Modified: 13 Jun 2022 03:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16534

Actions (login required)

View Item
View Item