RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING DAN KONTROLING SERBUK KELOR BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) = MONITORING AND CONTROL OF MONITORING POWDER INFORMATION SYSTEM BASED ON IOT (INTERNET OF THINGS)


Ramadhani, Nurul Fitrihasari (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING DAN KONTROLING SERBUK KELOR BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) = MONITORING AND CONTROL OF MONITORING POWDER INFORMATION SYSTEM BASED ON IOT (INTERNET OF THINGS). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H071181305_skripsi_cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H071181305_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H071181305_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H071181305_skripsi_21-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tumbuhan kelor merupakan salah satu tumbuhan bahan pangan yang sangat terkenal dan fenomenal di Indonesia. tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan sangat mudah didapatkan dimana mana. Dengan banyaknya manfaat tumbuhan kelor ini sehingga dapat dijadikan bermacam-macam produk salah satunya sebagai serbuk daun kelor. Namun karena sulitnya membuat serbuk dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor sumber daya manusia (SDM) dan banyaknya waktu yang dibutuhkan jika dilakuakan secara manual. Dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan maka masalah tersebut dapat teraktasi, dimana dapat diterapkan sistem Internet of Things (IoT) pada pengolahan sebuk kelor ini. Adapun tujuan penelitian untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi monitoring dan controlling serbuk kelor berbasis Internet of Things dengan metode waterfall yaitu analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian dan hasil. Penelitian ini dilakukan dari bulan September hingga Februari 2022 di Kecamatan Manggala, Makassar.
Pada hasil penelitian yang diperoleh yaitu pengkonesian sensor, alat dengan mikrokontroler dan menghasilkan suatu sistem informasi monitoring dan kontroling berbasis Internet of Things (IoT), yang dapat bekerja sesuai semestinya. Pengambilan data dan pengiriman data ke Firebase, dan aplikasi android berjalan dengan baik. Adapun mikrokontroler yang digunakan yaitu NodeMCU, sensor DHT-11, sensor Ultrasonik, sensor Loadcell, motor servo MG996, Adaptor, Blender dan pemanas box. Sistem ini dapat menjadi salah satu pabrik teknologi dalam pengelolaan tumbuhan kelor.
Kata kunci : Kelor, Internet of Things, Aplikasi Android, Waterfall, Sensor, Mikrokontroller.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Matematika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:06
Last Modified: 13 Jun 2022 03:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16533

Actions (login required)

View Item
View Item