UJI DAYA HAMBAT ANTIBAKTERI BLACK GARLIC SEBAGAI ALTERNATIF FEED ADDITIVE PADA PAKAN UNGGAS = Black Garlic Antibacterial Inhibition Test as an Alternative to Feed Additive in Poultry Feed


Haris, Riska Sri Wahyuni (2021) UJI DAYA HAMBAT ANTIBAKTERI BLACK GARLIC SEBAGAI ALTERNATIF FEED ADDITIVE PADA PAKAN UNGGAS = Black Garlic Antibacterial Inhibition Test as an Alternative to Feed Additive in Poultry Feed. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I11116573_skripsi_cover1.jpg

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I11116573_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I11116573_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I11116573_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Riska Sri Wahyuni Haris. I11116573. Uji Daya Hambat Antibakteri Black Garlic sebagai Alternatif Feed Additive pada Pakan Unggas. Dibawah Bimbingan A. Mujnisa dan Jamilah.
Feed additive pada pakan seperti black garlic yang memiliki kandungan allicin yang dapat meningkatkan nilai guna pakan dan mencegah penyakit yang disebabkan bakteri patogen pada broiler. Penelitian bertujuan untuk mengetahui daya hambat antibakteri black garlic dengan pemberian konsentrasi berbeda yang ditambahkan pada pakan dapat menghambat bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan penyakit pada broiler. Penelitian menggunakan metode penelitian RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan perlakuan P0 = Pakan Kontrol (tanpa black garlic), P1 = Pakan + Pasta Black garlic 1%, P2 = Pakan + Pasta Black garlic 2,5% dan P3 = Pakan + Pasta Black garlic 4%. Hasil penelitian daya hambat antibakteri black garlic pada pakan terhadap bakteri Escherichia coli menunjukkan adanya perbedaan yang nyata (P<0,05) antara P1 dan P2. Sedangkan perlakuan P2 tidak berbeda nyata terhadap perlakuan P3, hal ini disebabkan karena adanya allicin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Daya hambat antibateri Black Garlic pada pakan terhadap bakteri Staphylococcus aureus menunjukkan bahwa penggunaan black garlic sebagai feed additive berpengaruh nyata (P<0,05) pada setiap perlakuan, hal ini disebabkan dikarenakan adanya zat bioaktif berupa minyak atsiri yang terkandung dalam black garlic yang berperan sebagai antibakteri. Perbedaan yang tidak berpengaruh nyata dengan penggunaan black garlic konsentrasi 2,5% memberikan nilai fungsional yang efektif dalam menghambat bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.
Keywords : Black garlic, feed additive, Escherichia coli, Staphylococcus aureus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2022 00:39
Last Modified: 13 Jun 2022 00:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16504

Actions (login required)

View Item
View Item