Penambahan Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia Linn) pada Pengencer Tris Kuning Telur Ayam Ras terhadap Kualitas Semen Sapi Bali = The addition of Mengkudu Fruit Extract (Morinda citrifolia Linn) to Tris-Layer Egg Yolk Extender on the Quality of Bali Bull Semen


Hasriani, Hasriani (2021) Penambahan Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia Linn) pada Pengencer Tris Kuning Telur Ayam Ras terhadap Kualitas Semen Sapi Bali = The addition of Mengkudu Fruit Extract (Morinda citrifolia Linn) to Tris-Layer Egg Yolk Extender on the Quality of Bali Bull Semen. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I11116556_skripsi_cover1.jpg

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I11116556_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I11116556_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I11116556_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Hasriani. I111 16 556. Penambahan Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia Linn) pada Pengencer Tris Kuning Telur Ayam Ras terhadap Kualitas Semen Sapi Bali. Dibimbing oleh Muhammad Yusuf sebagai pembimbing utama dan Renny Fatmyah Utamy sebagai pembimbing kedua.

Ekstrak mengkudu (Morinda citrifolia Linn) mengandung xeronin dan proxeronin yang dapat menangkal radikal bebas dan vitamin C yang mampu menstabilkan jaringan pelindung sehingga dapat mempertahankan kualitas dan meningkatkan daya hidup spermatozoa. Kuning telur mengandung lesitin dan lipoprotein yang merupakan protein terberat molekul tinggi yang dapat mencegah terjadinya cold shock. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penambahan ekstrak buah mengkudu pada pengencer Tris Kuning Telur (TKT) ayam ras sehingga dapat meningkatkan kualitas semen sapi Bali. Penelitian ini menggunakan analisis repeated measurement Anova dengan 5 perlakuan yaitu P0 = pengencer TKT ayam ras tanpa ekstrak buah mengkudu (kontrol) P1 = Suplementasi ekstrak mengkudu 0,02 gr/ml pengencer pada TKT ayam ras; P2 = suplementasi ekstrak mengkudu 0,04 gr/ml pengencer pada TKT ayam ras; P3 = suplementasi ekstrak mengkudu 0,06 gr/ml pengencer pada TKT ayam ras; dan P4 = suplementasi ekstrak mengkudu 0,08 gr/ml pengencer pada TKT ayam ras. Metode penelitian dimulai dengan pembuatan ekstrak mengkudu dan pembuatan pengencer TKT ayam ras. Semen yang digunakan dievaluasi secara makroskopis dan mikroskopis terlebih dahulu kemudian semen diencerkan sesuai dengan perlakuan lalu diekuilibrasi selama 3 jam hingga 4 hari. Selanjutnya semen dievaluasi secara mikroskopis. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa spermatozoa pada perlakuan P0, P1, P2, P3, dan P4 setelah ekuilibrasi selama 3 jam hingga 4 hari menunjukkan adanya pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap persentase motilitas dan viabilitas. Namun, penambahan ekstrak buah mengkudu menunjukkan terjadinya penurunan persentase motilitas dan viabilitas. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ekstrak mengkudu pada dosis 0,02gr/ml ke dalam pengencer TKT ayam ras yang dapat mempertahankan kualitas semen sapi Bali.
Kata kunci: ekstrak mengkudu, motilitas, spermatozoa, TKT ayam ras, viabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2022 00:33
Last Modified: 13 Jun 2022 00:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16502

Actions (login required)

View Item
View Item