Kontribusi Penerimaan Peternakan Sapi Bali Dalam Menopang Ekonomi Rumah Tangga Masyarakat Di Desa Balle Kecamatan Kahu Kabupaten Bone = The Contribution of Revenue from Bali Cattle Farming in Supporting The Household Economy of The Community in Balle Village, Kahu District, Bone Regency


Sriwahyuni, Andi (2021) Kontribusi Penerimaan Peternakan Sapi Bali Dalam Menopang Ekonomi Rumah Tangga Masyarakat Di Desa Balle Kecamatan Kahu Kabupaten Bone = The Contribution of Revenue from Bali Cattle Farming in Supporting The Household Economy of The Community in Balle Village, Kahu District, Bone Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I11116518_skripsi_cover1.jpg

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I11116518_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (721kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I11116518_skripsi_dp.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I11116518_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Sriwahyuni I111 16 518. Kontribusi Penerimaan Peternakan Sapi Bali Dalam Menopang Penerimaan Rumah Tangga Masyarakat Di Desa Balle Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Dibawah Bimbingan Prof. Dr. Ir. H. Ahmad Ramadhan Siregar, M.Si sebagai pembimbing utama dan Dr. Ir. Siti Nurlaelah, S. Pt, M. Si, IPM sebagai pembimbing pendamping.

Peternak sapi bali di Desa Balle Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2020, bertempat di Kecamatan Kahu Kabupaten Bone tepatnya di Desa Balle. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive, alasan penentuan lokasi karena : (1) lokasi ini merupakan Kabupaten dengan jumlah populasi ternak sapi bali terbanyak di Sulawesi Selatan yaitu sebanyak 140.000 ekor, (2) memilih Kecamatan Kahu sebagai lokasi penelitian karena merupakan Kecamatan yang memiliki jumlah sapi terbanyak kedua di Kabupaten Bone yaitu 28.581 ekor, dan (3) memilih Desa Balle karena memiliki populasi sapi bali sebanyak 1.400 ekor. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui besarnya penerimaan usaha ternak sapi bali, (2) untuk mengetahui besarnya penerimaan peternak dari hasil non peternakan dan (3) untuk mengetahui berapa besarnya kontribusi penerimaan dari usaha ternak sapi bali terhadap penerimaan rumah tangga peternak. Jenis penenlitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif Deskriptif yaitu jenis penelitian yang sifatnya mendeskripsikan/menggambarkan keadaan variabel yang diteliti dengan jumlah responden 40 orang. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rataan penerimaan yang didapatkan peternak terhadap usaha ternak sapi bali sebesar Rp. 49.288.625/tahun, total penerimaan yang diperoleh dari semua peternak dari hasil penerimaan non peternakan sebesar 14.302.700/tahun, dengan kontribusi usaha ternak sapi terhadap pendapatan keluarga adalah > 50% yakni sebesar 72,34% yang berarti memberikan kontribusi cukup besar.
Kata Kunci: Sapi Bali, Penerimaan, Kontribusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2022 00:32
Last Modified: 13 Jun 2022 00:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16498

Actions (login required)

View Item
View Item