Eksplorasi Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya High Volume, High Risk, dan High Cost pada Lima Penyakit dan Pengembangan Format Integrated Clinical Pathway di RSUD Kabupaten Banggai = Exploration of causative factor High Volume, High Risk, and High Cost at Five Diseases and Development of Integrated Clinical Pathway Format in Banggai District Hospital


Muhammad, Hana Yulianti (2022) Eksplorasi Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya High Volume, High Risk, dan High Cost pada Lima Penyakit dan Pengembangan Format Integrated Clinical Pathway di RSUD Kabupaten Banggai = Exploration of causative factor High Volume, High Risk, and High Cost at Five Diseases and Development of Integrated Clinical Pathway Format in Banggai District Hospital. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012182010_tesis_09-05-2022 cover1.png

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012182010_tesis_09-05-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012182010_tesis_09-05-2022 dp.pdf

Download (15MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012182010_tesis_09-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract (Abstrak)

HANA YULIANTI MUHAMMAD. Eksplorasi Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya High Volume, High Risk, dan High Cost pada Lima Penyakit dan Pengembangan Format Integrated Clinical Pathway di RSUD Kabupaten Banggai (dibimbing oleh Ariyanti Saleh dan Rini Rachmawaty)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya high volume, high risk, dan high cost pada lima penyakit dan melakukan pengembangan integrated clinical pathway di RSUD Kabupaten Banggai
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang melibatkan 15 responden, dan pada pengembangan integrated clinical pathway melibatkan 34 responden. Proses pengumpulan data kualitatif melalui wawancara terstruktur dengan menggunakan alat perekam suara, alat tulis dan note book untuk mendapatkan gambaran factor-faktor penyebab terjadinya high volume, high risk, dan high cost pada lima penyakit di RSUD Kabupaten Banggai. Selanjutnya, melakukan pengembangan integrated clinical pathway yang disusun oleh tim multidisiplin dari berbagai Professional Pemberi Asuhan (PPA) yang melibatkan dokter penanggung jawab, perawat, nutrisionis, dan apoteker.
Hasil Penelitian teridentifikasi bahwa yang merupakan faktor penyebab high volume, high risk, dan high cost pada lima penyakit di RSUD Kabupaten Banggai diantaranya standar anggaran BPJS yang belum tersedia, penggunaan barang medis habis pakai dan obat-obatan yang berlebihan, ketidaksesuaian integrated clinical pathway berdasarkan SNARS edisi 1.1, lama hari rawat yang memanjang, readmisi pasien ≤ 30 hari, dan standar SDM yang tidak memadai. Dari hasil eksplorasi, telah dikembangkan format integrated clinical pathway pada lima penyakit kategori high volume, high risk, dan high cost yang telah disusun berdasarkan SNARS edisi 1.1.
Keywords : High volume, high risk, high cost, integrated clinical pathway.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:37
Last Modified: 08 Jun 2022 03:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16443

Actions (login required)

View Item
View Item