Karakterisasi Morfologi Tubuh Buah Jamur pada Trembesi (Samanea saman) di Kampus Tamalanrea, Universitas Hasanuddin = Morphological Characterization of Fungal Fruiting Body Inhibiting Trembesi (Samanea saman) at Tamalanrea Campus, Hasanuddin University, Makassar


Indriani, Sulastri (2022) Karakterisasi Morfologi Tubuh Buah Jamur pada Trembesi (Samanea saman) di Kampus Tamalanrea, Universitas Hasanuddin = Morphological Characterization of Fungal Fruiting Body Inhibiting Trembesi (Samanea saman) at Tamalanrea Campus, Hasanuddin University, Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011171031_skripsi_09-05-2022 cover1.png

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011171031_skripsi_09-05-2022 1-2.pdf

Download (806kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M011171031_skripsi_09-05-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011171031_skripsi_09-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Trembesi (Samanea saman) merupakan tanaman yang cepat tumbuh, penyerap CO2 yang sangat tinggi, penyerap air tanah yang baik dan mampu menurunkan konsentrasi gas secara efektif sehingga dapat digunakan sebagai tanaman penghijauan. Pohon trembesi memeiliki daya serap gas CO2 yang sangat tinggi. Penurunan kesehatan pohon dapat dilihat berdasarkan kondisi kerusakannya. Kerusakan yang terjadi dapat disebabkan oleh adanya penyakit, serangan hama. Karakterisasi tubuh buah jamur pada trembesi mudah dikenali karena seringkali membentuk koloni berserabut seperti kapas. Tubuh jamur berupa benang yang disebut hifa, sekumpulan hifa disebut miselium. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakterisasi morfologi tubuh buah jamur pada trembesi yang bergejala di Kampus Tamalanrea Universitas Hasanuddin. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2021. Pengambilan sampel dilakukan di Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. Kemudian dilanjutkan dengan identifikasi jamur yang dilakukan di Laboratorium Bioteknologi dan Pemuliaan Pohon, Fakultas Kehutanan, Universitas Hasanuddin, Makassar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa hasil eksplorasi jamur pohon trembesi di Kampus Unhas Tamalanrea Makassar terdapat 10 jamur yang ditemukan yaitu Ganoderma steyaertanun (2 tubuh buah jamur), Ganoderma sp, Tremetes aesculi, Ganoderma aplanatum, Daldinia concentrica, Auricularia polytrica, Schizophyllum commune (2 tubuh buah jamur) dan Climacodon pulcherrimus. Tubuh buah jamur yang ditemukan memiliki karakteristik morfologi yang berbeda-beda, misalnya bentuk, warna, ukuran, berat, ada yang tumbuh secara bergerombol, tumbuh sepanjang tahun, tumbuh pada waktu tertentu dan ada yang bersifat saprofit maupun parasit.
Keywords : Jamur, morfologi, trembesi, tubuh buah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:33
Last Modified: 08 Jun 2022 03:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16437

Actions (login required)

View Item
View Item