KORELASI ANTARA KADAR LGR-5 (LEUCINE RICH REPEAT CONTAINING G PROTEIN COUPLED RECEPTOR 5) DENGAN ASPEK KLINIS DAN STADIUM KARSINOMA KOLOREKTAL


Purnamasari A., Dr. Mendila (2021) KORELASI ANTARA KADAR LGR-5 (LEUCINE RICH REPEAT CONTAINING G PROTEIN COUPLED RECEPTOR 5) DENGAN ASPEK KLINIS DAN STADIUM KARSINOMA KOLOREKTAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C104215112_tesis_cover1.jpg

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C104215112_tesis_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C104215112_tesis_dp.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C104215112_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar LGR-5 terhadap jenis kelamin, umur, lokasi tumor, dan tingkat stadium (Derajat Diferensiasi Histopatologi, Metastasis Limfonodus, Metastasis Hepar) penderita Karsinoma Kolorektal di Makassar.
Metode penelitian ini merupakan penelitian Observasional Analitik dan Cross-Sectional yaitu mengevaluasi peningkatan kadar LGR-5 pada aspek klinis dan stadium penderita Karsinoma Kolorektal di Makassar. Pengumpulan data dilakukan secara primer, dimana data yang diambil adalah data Demografi dan berhubungan dengan aspek klinis penderita yaitu; Umur, jenis kelamin, lokasi tumor, dan stadium kanker, keterlibatan kelenjar getah bening, tipe hispatologi saat penderita datang berobat dengan diagnosis Karsinoma Kolorektal. Analisis univariat dilakukan terhadap variabel hasil penelitian sedangkan analisis bivariat digunakan untuk mengetahui hubungan antara peningkatan kadar LGR-5 dengan stadium penderita karsinoma kolorektal berdasarkan AJCC. Analisis dilakukan dengan uji Chi-Square. Nilai signifikansi diperoleh Ketika P<0,05.
Hasil yang diperoleh tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kadar LGR-5 terhadap jenis kelamin, umur, lokasi tumor pada penderita karsinoma kolorektal. Ada hubungan yang signifikan antara kadar LGR-5 terhadap stadium kanker, derajat diferensiasi, dan kejadian metastasis pada penderita Karsinoma Kolorektal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS Ilmu Bedah
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:11
Last Modified: 08 Jun 2022 03:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16412

Actions (login required)

View Item
View Item