Penguasaan Pertambangan Oleh Perusahaan Di Gunung Allakuang Kabupaten Sidrap = Mining Control by Companies in Mount Allakuang, Sidrap Regency


Jamal, Ayu Kurniasih (2021) Penguasaan Pertambangan Oleh Perusahaan Di Gunung Allakuang Kabupaten Sidrap = Mining Control by Companies in Mount Allakuang, Sidrap Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116087_skripsi_cover1.jpg

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116087_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116087_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11116087_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Ayu Kurniasih Jamal (B11116087), Penguasaan Pertambangan Oleh Perusahaan Di Gunung Allakuang Kabupaten Sidrap, (dibimbing oleh Sri Susyanti Nur, sebagai Pembimbing Utama, dan Kahar Lahae, sebagai Pembimbing Pendamping).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status hukum dan dampak atas kegiatan penambang yang dilakukan di luar lahan izin tambang serta untuk mengetahui upaya pemerintah dalam mengawasi penambang yang dilakukan di Gunung Alakkuang.
Penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian empiris, yaitu penelitian dengan adanya data-data lapangan sebagai sumber data utama, seperti hasil wawancara dan observasi. Penelitian empiris digunakan untuk menganalisis hukum yang dilihat sebagai perilaku masyarakat yang berpola dalam kehidupan masyarakat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Status hukum dan dampak yang ditimbulkan oleh aktivitas perusahaan penambang di gunung allakuang perusahaan yang ditandai dengan izin usaha Pertambangan (IUP) kegiatan penambang yang dilakukan di luar lahan tambang merupakan kegiatan penambang ilegal yang tidak memiliki izin dan tidak memenuhi semua persyaratan. Sedangkan Dampak yang ditimbulkan sebagai aktivitas penambang yang dilakukan oleh perusahaan menimbulkan dari adanya penambang di luar lahan perusahaan penambang Akibat adanya penambang tersebut maka berdampak pula terhadap ekonomi sosial dan lingkungan. 2) Pengawasan pemerintah terhadap kegiatan penambang di Gunung Allakuang berupa Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2005 Pemda Sidrap mengenai retribusi izin pertambangan dan Peraturan Bupati Nomor 17 Tahun 2014 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2010 tentang pembinaan dan pengawasan penyelengaraan pengelolaan usaha pertambangan mineral dan batubara Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2018 tentang pelaksanaan kaidah pertambangan yang baik dan pengawasaan pertambangan mineral dan batubara dan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara.
Keywords : Tanah, Penguasaan Tanah, Pertambangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:54
Last Modified: 06 Jun 2022 03:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16365

Actions (login required)

View Item
View Item