ANALISIS HUKUM TINDAK PIDANA PENIPUAN BERKEDOK PENGOBATAN ALTERNATIF UNTUK MENDAPATKAN KEUNTUNGAN SECARA BERSAMA-SAMA (Studi Kasus Putusan Nomor 59/Pid.B/2016/PN.Tka) = Legal Analysis of Fraudulent Crimes Under the guise of Alternative Medicine to Get Mutual Benefits (Case Study of Decision Number 59 / Pid.B / 2016 / PN.Tka)


Darwis, Andi Nurul Ainun Riantiarni (2021) ANALISIS HUKUM TINDAK PIDANA PENIPUAN BERKEDOK PENGOBATAN ALTERNATIF UNTUK MENDAPATKAN KEUNTUNGAN SECARA BERSAMA-SAMA (Studi Kasus Putusan Nomor 59/Pid.B/2016/PN.Tka) = Legal Analysis of Fraudulent Crimes Under the guise of Alternative Medicine to Get Mutual Benefits (Case Study of Decision Number 59 / Pid.B / 2016 / PN.Tka). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116020_skripsi_cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116020_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116020_skripsi_dp.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11116020_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI NURUL AINUN RIANTIARNI DARWIS (B111 16 020) dengan judul Analisis Hukum Tindak Pidana Penipuan Berkedok Pengobatan Alternatif Untuk Mendapatkan Keuntungan Secara Bersama-sama (Studi Kasus Putusan Nomor 59/Pid.B/2016/PN.Tka).Dibawah bimbingan Amir Ilyas sebagai Pembimbing I dan Audyna Mayasari Muin sebagai Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi perbuatan tindak pidana penipuan berkedok pengobatan alternatif untuk mendapatkan keuntungan secara bersama-samas dalam pandangan hukum pidana dan pertimbangan hakim terhadap tindak pidana penipuan berkedok pengobatan alternatif untuk mendapatkan keuntungan secara bersama-sama (Studi Kasus Putusan Nomor 59/Pid.B/2016/PN.Tka).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif dengan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan kasus (case approach) yang berdasarkan Putusan Pengadilan terhadap tindak pidana penipuan berkedok pengobatan alternatif yang dilakukan secara bersama-sama di Pengadilan Negeri Takalar, serta penulis juga mengambil referensi dari buku literatur, jurnal, internet, dan peraturan perundang-undangan. Penelitian kepustakaan dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Kemudian dari hasil penelitian dianalisis terkait dengan judul yang akan diteliti dalam penulisan skripsi.

Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu: 1. Kualifikasi perbuatan pidana pada tindak pidana penipuan berkedok pengobatan alternatif untuk mendapatkan keuntungan secara bersama-sama adalah memanfaatkan kepercayaan masyarakat terhadap hal magis dengan melakukan perbuatan penipuan berdasar pada rumusan Pasal 378 Jo Pasal 55 KUHPidana yang termasuk kedalam delik materil dengan menitikberatkan pada sebab dan akibat suatu perbuatan yaitu menyebabkan kerugian pada seseorang. 2. Yang menjadi dasar pertimbangan Hakim pada Putusan Nomor 59/Pid.B/2916/PN.Tka adalah pertimbangan yuridis berupa dakwaan dari penuntut umum yang dikaitkan dengan keterangan saksi maupun terdakwa serta barang bukti yang ada dipersidangan, kemudian Hakim juga menimbang tentang lama masa penahanan berdasar pada pertimbangan non-yuridis (sosiologis) seperti sikap para terdakwa di persidangan yang bersikap sopan dan mengakui kesalahan dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.
Kata Kunci: Pengobatan, Alternatif, Penipuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:54
Last Modified: 06 Jun 2022 03:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16361

Actions (login required)

View Item
View Item