HUBUNGAN KELELAHAN PEKERJA DENGAN TINGKAT PRODUKTIVITAS KERJA PADA PEKERJA OPERATOR STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) DI KOTA MAKASSAR TAHUN 2021 = “The Relationship Of Worker Fatigue With The Level Of Work Productivity On Workers On Public Fuel Filling Station Operators (SPBU) In Makassar City In 2021”


Pasandre, Andi Ardiansyah (2021) HUBUNGAN KELELAHAN PEKERJA DENGAN TINGKAT PRODUKTIVITAS KERJA PADA PEKERJA OPERATOR STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) DI KOTA MAKASSAR TAHUN 2021 = “The Relationship Of Worker Fatigue With The Level Of Work Productivity On Workers On Public Fuel Filling Station Operators (SPBU) In Makassar City In 2021”. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116532_skripsi_cover1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116532_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116532_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116532_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Produktivitas kerja merupakan tingkatan yang efisiensi dalam memproduksi barang- barang dan jasa-jasa. Produktivitas dapat mengutarakan cara pemanfaatan secara baik terhadap sumber-sumber dalam memproduksi barang-barang.
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan antara kelelahan pekerja dengan produktivitas kerja berdasarkan umur, jenis kelamin, Shift kerja, beban kerja, status gizi, pekerjaan monoton dan suhu lingkungan kerja pada Pekerja Operator Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) Kecamatan Tamalanrea, Biringkanaya dan Manggala Di Kota Makassar Tahun 2021.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan penelitian cross sectional, dengan total sampel sebanyak 70 sampel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling. Analisis yang dilakukan untuk melihat hubungan antara variabel independen, dependen, dan variabel confounding dengan melakukan Chi Square Mantel Haenszel. Pada uji ini dapat dilihat apakah variabel termasuk confounding terhadap hubungan antara variabel dependen dan variabel independen dengan melihat melihat hasil Crude OR untuk semua strata dan OR Mantel Haenszel jika terdapat perbedaan antara kedua OR >10% maka variabel tersebut confounding dengan penyajian data dalam bentuk tabulasi dan narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang mengalami maksimal kerja sebanyak 13 responden (18,6%) dan tidak maksimal kerja sebanyak 57 responden (81,4%). Hasil analisis bivariat didapatkan hasil kelelahan pekerja yang memiliki hubungan dengan produktivitas kerja (p= 0,026). Variabel perancu umur (p=0,048) ada hubungan antara kelelahan pekerja dengan produktivitas kerja berdasarkan umur, jenis kelamin (p= 0,026) tidak ada hubungan antara kelelahan pekerja dengan produktivitas kerja berdasarkan jenis kelamin, status gizi (p= 0,046) ada hubungan antara kelelahan pekerja dengan produktivitas kerja berdasarkan status gizi, pekerjaan monoton (p= 0,046) ada hubungan antara kelelahan pekerja dengan produktivitas kerja berdasarkan monotoni pekerjaan, beban kerja mental (p= 0,045) ada hubungan antara kelelahan pekerja dengan produktivitas kerja berdasarkan beban kerja mental, shift kerja (p= 0,032) tidak ada hubungan antara kelelahan pekerja dengan produktivitas kerja berdasarkan shift kerja dan suhu lingkungan kerja (p=0,033) tidak ada hubungan antara kelelahan pekerja dengan produktivitas kerja berdasarkan suhu lingkungan kerja pada Pekerja

Operator Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) Kecamatan Tamalanrea, Biringkanaya dan Manggala Di Kota Makassar tahun 2021. Saran penulis untuk pekerja lebih memperhatikan kondisinya seperti apabila sudah merasakan lelah sebaiknya menggunakan waktu istirahat sebaik-baiknya dan menjaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang.
Keywords : Produktivitas Kerja, Operator SPBU

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:35
Last Modified: 06 Jun 2022 02:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16341

Actions (login required)

View Item
View Item