IDENTIFIKASI EKTOPARASIT DAN ENDOPARASIT PADA TIKUS DI TPA TAMANGAPA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR = Ectoparasite and Endoparasite Identification in Rats in TPA Tamangapa, Manggala District, Makassar City


Da Rusman, Nurul Rida` Ainun (2021) IDENTIFIKASI EKTOPARASIT DAN ENDOPARASIT PADA TIKUS DI TPA TAMANGAPA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR = Ectoparasite and Endoparasite Identification in Rats in TPA Tamangapa, Manggala District, Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116345_skripsi_cover1.jpg

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116345_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (935kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116345_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116345_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Tikus adalah binatang pengerat yang menjadi vektor penyakit dan erat kaitannya dengan lingkungan yang kotor, penyebab penyakit serta dapat memberikan dampak merugikan bagi manusia. Transmisi penyakit akibat tikus melalui infeksi ektoparasit dan endoparasit yang bersifat patogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tikus, trap success, keberadan ektoparasit dan endoparasit pada tikus yang tertangkap di TPA Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan desain observasional deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Oktober 2020 dengan metode perangkap single live trap sebanyak 40 perangkap selama 4 hari. Populasi yaitu seluruh tikus yang ada di TPA Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar sedangkan sampel adalah tikus yang berhasil tertangkap yaitu sebanyak 6 ekor tikus.
Hasil penelitian yaitu jenis tikus tertangkap adalah Rattus Norvegicus, Rattus tanezzumi, Bandicota indica dan Rattus norvegicus javanicus. Nilai trap success yaitu 3,75%. Hasil pemeriksaan didapatkan tikus terinfeksi ektoparasit jenis tungau Laelaps nuttalli dan pinjal Xenopsylla cheopis serta endoparasit Nippostrongylus brasillensis, Trichuris muris, Hymenolepis diminuta, dan Heterakis sp. Penyakit yang dapat disebabkan oleh ektoparasit dan endoparasit pada tikus seperti pes, murine thypus, kecacingan, salmonellosis, dan lainnya.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan terdapat 4 jenis tikus yang tertangkap, kategori wilayah berdasarkan trap success cukup padat, serta tikus yang tertangkap positif terinfeksi ektoparasit dan endoparasit. Sebaiknya pihak pengelola TPA Tamangapa dan masyarakat sekitar lokasi tersebut senantiasa memperhatikan sanitasi, menjaga kebersihan, menutup tempat penyimpanan makanan dan air minum agar terhindar dari risiko penularan penyakit akibat tikus.
Keywords : Tikus, Ektoparasit, Endoparasit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:38
Last Modified: 06 Jun 2022 01:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16322

Actions (login required)

View Item
View Item