Identifikasi Ektoparasit pada Rusa Timor (Cervus timorensis) di Kebun Binatang Konservasi Citra Satwa Celebes Sulawesi Selatan


Sjahid, Astri Caturutami (2020) Identifikasi Ektoparasit pada Rusa Timor (Cervus timorensis) di Kebun Binatang Konservasi Citra Satwa Celebes Sulawesi Selatan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
O11116507_skripsi_cover1.jpg

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
O11116507_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
O11116507_skripsi_dp.pdf

Download (946kB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
O11116507_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penyakit parasitik dapat terjadi pada Rusa Timor dengan kondisi lingkungan yang tidak sesuai. Salah satu penyakit parasitik dapat menjadi vektor ‘zoonosis’ ialah adanya infestasi ektoparasit. Penyakit yang ditimbulkan akibat adanya infestasi ektoparasit akan berakibat fatal bagi manusia maupun hewan seperti yang disebabkan oleh caplak atau tungau, tifus belukar (srub typhus) oleh tungau. Adapun masalah lain yang dapat ditimbulkan ialan kerugian fisik bahkan dapat terjadi kematian pada kasus infestasi yang parah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keragaman jenis ektoparasit pada Rusa Timor di Kebun Binatang Konservasi Citra Satwa Celebes Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2020 dengan melakukan pengamatan dan pemerikasaan gejala klinis pada 10 ekor Rusa Timor untuk peneguhan diagnosis, serta pemeriksaan laboratoris pada sampel ektoparasit yang ditemukan. Adapun ektoparasit yang ditemukan ialah ordo Diptera yaitu Chryzomia bezziana, Musca domestica, Cullicoides, dan Hermetia illucens.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ektoparasit, Rusa Timor, Parasitik, Kebun Binatang Konservasi Citra Satwa Celebes
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter Hewan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:31
Last Modified: 06 Jun 2022 01:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16301

Actions (login required)

View Item
View Item