Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidenreng Rappang = Factors Associated With The Incidence Of Pneumonia In Children Under Five In Hospitals Nene Mallomo Sidenreng Rappang District


Ramadany, Siti Rahma (2021) Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidenreng Rappang = Factors Associated With The Incidence Of Pneumonia In Children Under Five In Hospitals Nene Mallomo Sidenreng Rappang District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116034_skripsi_cover1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116034_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (859kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116034_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116034_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Pneumonia menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas secara global pada anak-anak di bawah usia lima tahun. Setiap tahun, diperkirakan 921.000 anak di bawah usia lima tahun meninggal dan lebih dari 95% kematian ini terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Estimasi global menunjukkan setiap satu jam ada 71 anak di Indonesia tertular pneumonia. Faktor-faktor resiko terjadinya pneumonia pada balita terdiri dari faktor lignkungan, faktor individu anak, dan faktor perilaku. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian pneumonia pada balita di RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode: Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan observasional analitik menggunakan desain Cross Sectional. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 157 balita dengan jumlah sampel sebanyak 95 balita. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probality sampling dengan accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat, dan multivariat. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan status imunisasi (ρ=0,592), berat badan lahir (ρ=0,034), status gizi (ρ=0,630), vitamin A (ρ=0,566), kepadatan hunian (ρ=0,208), paparan asap rokok (ρ=1,000), jenis lantai (ρ=0,036), dan ventilasi kamar (ρ=1,000). Kesimpulan: Ada hubungan antara berat badan lahir dan jenis lantai dengan kejadian pneumonia pada balita di RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidenreng Rappang, serta tidak ada hubungan antara status imunisasi, status gizi, pemberian vitamin A, kepadatan hunian, paparan asap rokok, dan ventilasi kamar dengan kejadian pneumonia pada balita di RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidenreng Rappang. Determinan yang paling berpengaruh dengan kejadian pneumonia pada balita adalah berat badan lahir dan jenis lantai.
Keywords : Faktor yang Berhubungan, Pneumonia, Balita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:30
Last Modified: 06 Jun 2022 01:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16286

Actions (login required)

View Item
View Item