PENGARUH STRUKTUR CORE FIBER METAL LAMINATES (FML) UNTUK APLIKASI RANGKA SAYAP PESAWAT ULTRALIGHT.


Makmur, Muhammad Salim (2020) PENGARUH STRUKTUR CORE FIBER METAL LAMINATES (FML) UNTUK APLIKASI RANGKA SAYAP PESAWAT ULTRALIGHT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21116023_skripsi cover.png

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21116023_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21116023_skripsi dapus.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116023_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Pada rangka sayap pesawat ultralight bisanya digunakan material aluminium , baja, kayu maupun material composite lainnya. Pada penelitian kali ini aluminium digabung dalam lapisan sandwich dengan carbon fiber. Material yang digunakan yaitu aluminium 1100 dan carbon fiber dengan orientasi 00/900. Metode yang digunakan adalah vacuum bagging. Dalam metode vacuum bagging di gunakan epoxy resin dengan perbandingan 1: 1 antara resin dan hardener. Lapisan sandwich pada spesimen adalah CAC ( carbon fiber , aluminium, carbon fiber). Variasi dilakukan pada tebal aluminiumnya yaitu 0,5 mm , 1 mm dan 1,5 mm. Dilakukan dua pengujian yaitu pengujian tarik dan pengujian bending. Didapatkan hasil pada kekuatan tarik bahwa kekuatan tarik tertinggi didapatkan pada FML dengan AL 0,5 mm karena persentase volume carbon fiber paling besar dibandingkan spesimen lainnya, pada FML dengan Al 1,5 mm didapatkan kekuatan tarik terendah itu di karenakan persentase volume carbon fiber lebih rendah dari pada spesimen yang lain. Pada pengujian bending di dapatkan kekuatan bending tertinggi pada FML 0,5 mm persentase volume carbon fiber paling besar dibandingkan spesimen lainnya, FML 1,5 didapatkan kekuatan bending terendah karena persentase volume carbon fiber paling kecil dibandingkan spesimen lainnya. Dan kekuatan bendingnya mengalami penurunan dari Al 0,5 mm karena terjadinya debonding pada saat dilakukan pengujian bending yang menyebabkan berkurangnya kekuatan bending.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Dec 2020 05:08
Last Modified: 22 Dec 2020 05:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item
View Item