PENGARUH KEKASARAN DINDING PIPA PADA STRUKTUR PEMECAH GELOMBANG BERPORI TERHADAP DEFORMASI GELOMBANG


Syamsuri, Andi Makbul (2021) PENGARUH KEKASARAN DINDING PIPA PADA STRUKTUR PEMECAH GELOMBANG BERPORI TERHADAP DEFORMASI GELOMBANG. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P0800316408_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab  I & II] Text (Bab I & II)
P0800316408_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P0800316408_disertasi_cover1.jpg

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P0800316408_disertasi_daftar pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

ANDI MAKBUL SYAMSURI. PENGARUH KEKASARAN DINDING PIPA PADA STRUKTUR PEMECAH GELOMBANG BERPORI TERHADAP DEFORMASI GELOMBANG (Dibimbing Oleh Dadang Ahmad Suriamiharja, Muhammad Arsyad Thaha, Taufiqur Rachman)
Gelombang dibangkitkan pada flume dan berinteraksi dengan struktur pemecah gelombang berpori. Akibat interaksi tersebut, gelombang akan mengalami refleksi, disipasi dan transmisi. Penelitian dilakukan dengan model kekasaran dinding pipa bertujuan untuk menganalisis koefisien refleksi dan koefisien transmisi tinggi gelombang pada setiap perubahan kekasaran dinding pipa terhadap nilai koefisien gesekan (f). Nilai koefisien gesekan bergantung pada kekasaran dinding pipa yang terdiri dari parameter-parameter diameter pipa, panjang pipa dan kedalaman air pada pemecah gelombang berpori. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental laboratorium menggunakan flume pembangkit gelombang dengan 3 variasi periode (T; 1,0 detik, T; 1,1 detik, T; 1,2 detik), dan 3 variasi kedalaman air (d=1,0h; d=1,1h dan d=1,2h), dimana h adalah tinggi model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien gesekan (f) berpengaruh terhadap gelombang refleksi dan gelombang transmisi. semakin besar nilai koefisien gesekan, maka nilai koefisien transmisi semakin mengalami penurunan secara signifikan, dan nilai koefisien refleksi mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kekasaran dinding pipa, refleksi gelombang, transmisi gelombang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 31 May 2022 02:30
Last Modified: 31 May 2022 02:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16241

Actions (login required)

View Item
View Item